Saturday, October 12, 2013

Putu Ayu

Kemarin tanggal 11 oktober temanku ultah Mila , kebetulan gw pingin kasih dia kue ( tapi kl mau bikin raibow cake and lainnya rada2 horeaaam ..hihihi) akhirnya kepikir buat bikin kue tradisional aja deh yaitu Putu Ayu ( kan nggak pernah ada di Alaska kue ky gini ) akhirnya jam 6 am mulai deh gw terjun ke dapur tercinta buat nyiapin semuanya dari bahan dan proses pembuatan nya hanya memerlukan waktu 1 jam ( jadi gw masih sempet buat ngejazz ...) sebenar nya resep kue ini pernah gw bikin di negara asalku, dan  biasanya gw minta resep dari Nyokap gw tercinta tapi kmrn gw lupa2 inget cara nya , mau telp nyokap so pasti di Indoneia lagi tidur karna disono msh malem ( bedanya 17 jam ) jadi akhirnya gw goole di my i pad yg akhir nya gw jatuh hati sama resep Bunda Nadhifa ( resep2 bunda selalu cocok dengan hati ku... Hihihi, makasih bunda atas share resepnya ) oh iya tapi kmrn kue nya seperti nya terlalu byk vanili ( maaf nya mil , spt nya msh ngantuk jd salah mskkin ukuran vanili nya... Hihi) tapi menurut gw not bad deh ... Buat teman2 yg pingin bikin ini cara nya ( ini aku bikin 1/2 resep aja ) 


Bahannya 

125 gram terigu protein sedang ( all purpose ) 

100 gr gula pasir ( kl manis boleh tambah tp mnrt gw ini udh pas ) 
2 butir telur 
1/2. Sdt tbm ( boleh pake sp or ovalet , kl nggak punya boleh skip tp ngocok telurnya hrs sampai kental ) 
1/8 sdt garam 
1/8 sdt vanili bubuk


2 lembar daun pandan, sobek2
100 ml santan sedang ( krn santan nya kental jd aku campur air sedikit ) 
1 sdt pasta pandan 
1 sdt pasta rose 
 Aku pake 2 rasa karna adonan aku bagi 2 , boleh pake pewarna jg tp aku nggak pake


Kelapa parut yang agak muda ( kl ada , gw pake yg frozen aja ) sekitar 50 - 100 gr 
Sejumput garam
Sedikit vanili bubuk 


Caranya : 

1. Siapkan cetakan kue, olesi dengan sedikit minyak , sisihkan 
2. Kukus kelapa parut dengan beri garam dan vanili , angkat dinginkan
3. Setelah itu tata kelapa parut yg sdh di kukus kedlm cetakan kue sembari  dipadatkan. 
4. Masak santan dengan daun pandan hingga panas ( cukup pas didihan pertama aja ) kmdn angkat , buang daun pandan nya dinginkan . 
5. Kocok telur, gula , tbm, garam dan vanili dengan mixer kecepatan sedang ( kmrn aku pake speed 4) 
Hingg mengembang, putih, kental dan kaku
6. Setelah itu masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan mixer kecepatan rendah ( aku pake speed 2 ) 
7. Terakhir masukkan larutan santan sedikit demi sedikit aduk dengan spatula dengan cara aduk balik sampai benar2 rata. 
8. Panaskan kukusan dengan api besar, bungkus tutup panci nya dengan serbet agar air tdk jatuh ke dalam kue. 
9. Masukkan adonan kue kedalam cetakan yg sdh diberi kelapa tadi , tuang sampai adonan penuh ( adonan cukup kental biarpun diisi penuh tdk akan melebet keluar ) 
10.masukkan cetakan kue yg sdh di isi adonan ke dlm kukusan dengan api sedang srlama 20menit sampai kue matang . Angkat dan sajikan . Selamat mencoba . 

Note : 

Agar kue mengembang sempurna dan empuk pengocokan telur hrs sampai benar2 kental dan agak kaku. 

Agar kue tdk kering setelah matang dan didinginkan simpan dalam wadah tertutup atau kemas dengan plastik makanan . 

Kl tdk punya cetakan putu ayu bisa menggunakan cetakan apa saja , boleh pake loyang tp isi adonan jgn penuh2 cukup setengah tinggi loyang saja . 




Nah ini hasilnya eng ing eng.. Siap disantap happy birthday mila 

No comments:

Post a Comment