Thursday, October 17, 2013

Resep Gepuk Sunda

Kali ini kuliner nya balik ke jawa barat, kemarin aku dapat resep kiriman dari adek gw  Mia yaitu  resep gepuk ala nyonya Yong, gepuk nyonya Yong emang terkenal banget di Bandung, rasa nya itu mantap apalagi pake sambel bajak wah bisa lupa ama mertua yg lewat di depan tuh ( hihihi) , trs gepuk nyonya yong ini ada yg pake daging ayam trs rasa nya ada 2 macam pedas dan maniz ( jd pingin plng ke bdg dan makan nie gepuk ... ) daripada kelamaan nunggu pulang kampung akhir nya gw harus eksekusi lg didapur buat bikin nie gepuk ( mknya gw minta sama adek buat ngirim resep nya ) tapi rasa nya nie gepuk benar2 enak, gurih, manis ky persis nyonya yong deh ( makasih nya miaw udh kasih resep nya ) nah buat yang pingin coba monggo di longok resep nya .... Kebetulan ade gw kagak ngasih ukuran 2 nya jadi ini versi gw ukurannya . 

Bahannya : 

500 gr daging sapi ( bebas mau pake yg mana ) 
1 batang daun sereh  ( bagi 2 lalu geprek ) 
1 cm lengkuas di geprek
3 lembar daun salam 
3 lembar daun jeruk 
1000 ml air ( tuk merebus daging) 
Garam secukupnya 
400 ml santan kental ( aku tambahin air kaldu 100 ml ) 


Bumbu yang dihaluskan : 

2 butir bawang merah ukuran besar kl kecil sekitar 5 siung 
5 siung bawang putih ( bisa dikurangi jika tdk suka bwng putih )?
100 gr gula merah ( bisa di kurangi jika tdk suka manis ) 
Garam secukupnya
5 butir kemiri
1/2 sdm ketumbar 

Caranya : 

1. Rebus daging dengan air ( 1000 ml ) beri garam, masak setengah matang aja ( kl aku karna daging di sini cpt empuk takut hancur nanti pas di campur dgn santan ) setelah itu potong2 kira kira 2 cm lalu geprek ( tipiskan ) 
2. Tumis bumbu halus dengan minyak sedikit saja , aduk2 sampai harum, kmdn masukkan daging aduk rata , beri salam, sereh , daun jeruk, lengkuas aduk kemudian masukkan santan, masak sampai santan mengering ( tapi bkn hangus nya ) maksud nya sampai tdk ada lg santan, gunakan api sedang saja . 
3. Setelah itu gepuk bisa langung digoreng atau simpan dalam wadah kedap udara ( simpan dlm lemari pendingin ) . Gepuk siap dinikmati deh . 

Selamat mencoba 

Nah ini gepuk yg tinggal di goreng 


No comments:

Post a Comment