Wednesday, October 9, 2013

Resep Buntil Tahu

Hari ini kaya nya lg pingin buntil tapi kl nyari daun singkong  susah waktu itu ada di Asia Grocery tp cuman 1 kali aja ( nggak laku kali nya ..hihihi) tadinya mau pake daun kale tapi ky nya krng cocok krn nie daun rada 2 keras tp kl dibikin gule daun kale enak bgt ..😃 Nah akhir nya jatuh hati pada daun collard krn daunnya sdkt lembut nggak kaku kaya daun kale tp ky nya lbh enak lg pake daun siverbeet ( tadi nggak liat di toko nya ) jd ya udh pake daun collard aja ternyata enak jg lembut ky daun singkong , tercapai jg makan buntil hari ini . Nie buat yg pingin bikin ini cara nya: 

Bahannya : 
By maya

3-4 buah  tahu putih, dihaluskan . (3-4 pieces of white tofu; softened)
100 gr kelapa parut kering ( aku campur dengan santan 75   ml dan air 50 ml ) kmdn aku kukus jd kelapa nya nggak kering2 bgt tp basah bisa jg dipanaskan di mikrowave ( ini kl lg muales ngukus ) (100g of shredded coconut; then I mixed it with 75ml of coconut milk and 50ml of water. Then I steam the shredded coconut, but you could also heat it in a microwave)
100 gr ikan teri medan ( aku goreng dulu ) (100g dried anchovy; I fried it)
1 ikat daun collard ( ini aku rebus dulu tp sblm direbus aku iris bagian tulang nya jd hanya daunnya aja ini aku rebus cuman 5 mnt deh ) (collard leaves; I boiled these leaves)
Tali   ( ini aku nggak tahu namanya tapi kl tdk salah disebut tali kasur )  tuk mengikat (string for tying it)

Bumbu tuk bahan isi yang dihaluskan 

2 buah cabe merah ( aku buang bijinya) (2 red chili; throw all the seeds)
2 buah bawang merah ( uk besar ) (2 big red onions)
2 siung bawang putih (2 cloves of garlic)
1 sdt garam (1 tsp of salt)
Lengkuas secukupnya (galanga)
1/2 sdt merica bubuk (1/2tsp of pepper)
2 butir kencur (2 dried ginger)


Bahan untuk kuah 
5 buah cabe rawit merah (5 red chilis)
300 ml santan kental ( krn aku pake yg kaleng jd aku campur dengan air sekitar 200 ml )  (200ml of coconut milk)
Minyak tuk menumis (oil)

Bumbu yang dihaluskan tuk kuah 

2 butir bawang merah ( uk besar ) (2  red onions)
3 siung bawang putih (3 cloves garlic)
1 telunjuk kunyit (1 tumiric)
1 sdt garam (1tsp of salt)
1 sdm gula putih (1tsb of regular sugar)
1/2 sdt kaldu bubuk (1/2tsp chicken curry powder)


Caranya : 

1. Campur tahu yang sdh dihaluskan dengan kelapa parut, ikan teri, dan bumbu yg dihaluskan lalu aduk rata . (Mix softened tofus with the shreded coconuts, dried anchovy, and all the seasoning ingredients)
2. Setelah adonan tercampur ambil daun collard lalu beri 2 sdm adonan isi lalu ikat dengan tali , lakukan sampai adonan habis. (After you mixed all that, put collard leaves inside the mix and put 2tsb of the mixin
3. Panaskan pan dengan minyak lalu masukkan bumbu halus untuk kuah masak sampai harum setelah itu masukkan santan, beri garam, gula dan kaldu bubuk, aduk2 kmdn cicipi rasa nya kl sdh pas masukkan daun buntil masak sampai matang ( kira2 10 mnt deh ) . Lalu angkat dan simpan dlm wadah buntil tahu siap di santap dengan nasi panas . 


Nah ini buntil tahu isi teri ... Yummy deh
Nah ini penampakan daun collard

No comments:

Post a Comment