Tuesday, October 1, 2013

BRONKETEM ( Brownies Kukus ketan hitam )

Kali ini gw pingin bikin kue brownies kukus ketan hitam kelihatannya nie kue enak krn rasa ketan hitam nya yang wangi dan msh ada kasar2 nya dan ini jg tantangan buat gw krn di USA kagak ada yg jual tepung ketan hitam, akhir nya gw bikin sendiri deh tepungnya sembari gw liat cuaca jg kl bikin nie tepung karna kudu dijemur biar kering bgt  ( cape deh cuman pingin nyobain broketem doang , perjuangan nya ampe nunggu si matahari .... Hihihi ) tapi walau hrs bersusah hati tetap senang krn nie kue jd favorit keluarga kecilku, resep nya sdh pasti aku pake resep mba Ricke Indriani yang terbukti resep2 nya jarang ada yang gagal, wah makasih banget nya mba smoga smua yang sdh mba share menjadi amal ibadah mba nya.... Aku ucapin makasih banget . 
 Yuk kita intip cara nya . 


Bahannya : 

6 butir telur 
200 gr gula pasir ( gula nya aku pake yg kasar ) 
1 sdt tbm
1/4 sdt garam 
1 sdt vanila bubuk
 2 sdm susus kental manis

250 gr tepung ketan hitam
20 gr coklat bubuk 

======= tepung ketan hitam dicampur dengan coklat bubuk lalu diayak 

100 gr dark cooking chocolate ( aku pake yg sdh berukuran kecil 2 ) 
200 gr minyak goreng or mentega dilelehkan

Coklat meisyes 
Secukupnya tuk filling aja 

Caranya : 

1. Panaskan kukusan 
2. Lelehkan dark cooking coklat masukkan minyak goreng aduk rata, dinginkan 
3. Kocok telur,gula, tbm dan garam dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, kental dan berjejak, lalu bei vanila , kocok rata . 
4. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan coklat bubuk yg sdh dicampur sedikit demi seikit  bertahap sambil dikocok dg mixer kecepatan rendah sampai merata. 
5. Masukkan campuran dark cooking coklat dan minyak goreng/ mentega cair , aduk balik dengan spatula hingga rata. 
6. Bagi 2 adonan , tuang 1/2 bagian adonan kedlm loyang ukuran 20#20#7 cm yg diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus selama 10 menit dgn api sedang. 
7. Taburi coklat meises , tuang kembali 1/2bagian sisa adonan , kukus kembali 20-25 menit hingga matang
8. Angkat dan langsung keluarkan dari loyang biarkan dingin potong2 dan sajikan. Selamat mencoba . 

Kalau ada yg mau pesan boleh telpon saja aku...😃👍



No comments:

Post a Comment