Sunday, October 20, 2013

Fish and Chip Recipe

Kali ini aku mau masak western, menjelajah ke negara nya pangeran Andrew, makanan ini merupakan fast food khas inggris ( tp wkt gw ke sana nggak nemu nie makanan) malah ketemu nya di negara Kangguru ( Australia - perth , hihihi) tp ini makanan emang enak krn crunchy, aku suka apalagi anak2 ditambah ama kentang goreng bikinan sendiri wah tambah muantap deh , nie buat teman2 yg pingin bikin silahkan liat rumus nya ..Biasanya kl di rmh makan pake beer tp ini gw ganti ama air soda saja tp tetap crunchy kok... Coba aja. 

Bahannya : 
 
500 gr Filet ikan ( boleh pake ikan apa aja kebetulan gw pake halibut ) 
Minyak goreng 4 cup ( tuk menggoreng) 

Untuk pelapis ikan nya ( tepungnya ) :

1 cup all purpose / tepung terigu sedang
1/4 sdt baking powder 
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk 
1/2 sdt jinten biji ( caraway seed ) optional
1/2 sdm cabe rawit bubuk ( cayenne pepper ) optional
1 cup club soda dingin / sprite / 7 up
2 / 4 es batu kecil 

Caranya : 

1. Filet ikan halibut potong sekitar 2 cm ( ketebalannya ) or sesuai selera kmdn lap dgn tisue dapur sampai kering ( tdk ada lg air yg melekat pada ikan ) or simpan di piring yg dilapisi tisue dapur. 
2. Campur tepung terigu, garam , merica, caraway seed, cayenne pepper ( ini spt cabe bubuk ) dan air soda ( mskkan sdkt 2 ) aduk rata setelah didapat kekentalan nya beri es batu sisihkan sampai es batu mencair, setelah itu adonan siap dipakai.
3. Panaskan minyak goreng sampai panas ( td gw ukur panas nya sampai 300 F ). 
4. Kmdn celupkan ikan kedlm adonan tepung pelapis setelah  itu goteng dlm minyak yg sdh panas tadi biarkan sampai  berwarna kuning kecoklatan , angkat dan ikan siap tuk disantap bersama kentang goreng. 

Cara membuat kentang goreng: 

Bahannya
2 buah kentang uk.besar, cuci bersih lalu potong2 dengan ketebalan 2 cm ( tp boleh jg sesuai selera, oh iya kentang nya aku nggak kupas jd digoreng bersama kulitnya ) 
Kmdn kentang dilap dengan lap bersih ( aku pake lap kain biar menyerap air nya ) lalu bungkus kentang dgn lap biarkan selama 30 menit . 

Setelah itu kentang siap tuk digoreng , aku gorengnya pertama setengah matang dulu lalu aku angkat dan aku selingi dengan menggoreng ikan tepung nya dulu setelah itu baru aku goreng lagi kentang nya, ini akan didapat kentang yg renyah . Selamat mencoba. 

Note: kl goreng nya pake deep fry jauh lbh mudah dan lbh bgs deh ( aku goreng nya pake deep fry ) tp pake Pan jg not bad ... Kl pake sprite / 7 up hati2 menggoreng nya krn akan cpt hangus pake api kecil saja. 


Nah ini jd nya nggak bagus ambil foto nya krn ditungguin anak mau makan.. Hhihi ( nah kl ini pake deep fry ) 

Nah ini bahan nya kl nggak ada cabe rawit bubuk bisa pake chili powder. 
Nah ini hasil dari Pan / wajan 

No comments:

Post a Comment