Wednesday, October 30, 2013

Resep Onde onde ala dapur Maya

Kali ini gw lagi punya proyek ( ceile mani ky pembisnis aja ...hihihi) pingin bikin onde2 yang lembut dan kl digigit bikin lidah bergoyang pingin nambah lg ... 😃, liat di google byk bgt macam cara nya bikin onde 2 tuh, akhir nya setelah gw baca dr berbagai macam versi , diambil lah satu kesimpulan bhw bikin onde2 itu gampang dan cepat dan rasa nya tentu eunak bgt krn lembut dan mekar onde2 nya , dulu gw pernah bikin dengan salah satu resep di milis tp kok hasilnya tdk memuaskan, nah skrng gw coba kutak katik cara membuat onde dari berbagai sumber info alias comot sana sini ...hihihi. Dan ternyata berhasil lho ( senang bgt ) ampe ci bungsu mau bw lunch onde2 , ternyata rahasia kelembutan nya karna pemakaian kentang . Yuk qta intip bahan dan cara nya . Kl mau 1/2 resep bisa tinggal bagi  dua aja bahan2 nya . 


Bahannya : 

500 gr tepung ketan putih 
100 gr kentang ( rebus atau kukus sampai matang lalu haluskan ) 
350 ml air hangat 
130 gr gula  putih halus  ( kl kemanisan bisa di kurangi, gw pake cuman 125 gram aja ) 
1 sdt garam 
Biji wijen yg putih secukup nya tuk pelapis nya

Kumbu kacang hijau nya : ( bahan isi nya ) 

300 gram kacang hijau ( kebetulan aku pake yg sdh dikupas jd cpt matang ) di cuci dulu nya 
200 gram gula putih
1 sdt garam peres
Daun pandan 2 lembar
250 ml santan kental 
200 ml air tuk merebus kacang hijau . 

Cara membuat isi : 

1. Rebus kacang hijau dengan 200 ml air masak sampai agak lunak dan kering stelah itu masukkan santan, garam, daun pandan dan gula aduk rata, masak sampai matang dan kalis , lalu angkat , biarkan sampai dingin, stelah dingin bentuk bulat2 sesuai slera ( gw buat sebesar bola bekel or 2x dr kelereng deh ) sisihkan. 

2. Tuk adonan tepung nya : 

Campur tepung ketan putih dengan kentang yg sdh dihaluskan, gula, garam setelah itu masukkan air hangat skdt2 sembari di uleni dan kalis. Setelah itu timbang adonan sekitar 20- 30 gram, kmdn bulatkan adonan dan pipihkan terus beri kumbu kacang hijau nya lalu bulatkan kembali terus celupkan pada air lalu gulingkan pada wadah yg sdh terisi oleh wijen .lakukan sampai adonan habis . 

Setelah adonan selesai semua kmdn panaskan wajan beri minyak byk ( agar onde2 terendam pada saat di goreng ) goreng sampai kuning keemasan , angkat dan sajikan. Slamat mencoba . 



Nah sebesar ini bulatan kumbu nya or isi nya 

Nah ini hasil proyekku tadi pagi 
Yummy bgt .. 
Nah gw pake kacang hijau kupas ini 

No comments:

Post a Comment