Saturday, October 26, 2013

Resep Keripik Tempe Renyah

Udah weekend lagi nie, kl weekend gini biasa nya gw paling doyan berlama2 di dapur , seneng deh kl udah didapur semua kejenuhan bisa hilang begitu aja kl udah ketemu dapur , seneng nya   krn bisa menguji segala jenis masakan dari yang susah ampe yang sebenarnya gampang bisa gw uji di dapur tercinta gw ( dia emang sobat setia gw deh .... i love you fool buat my kitchen ) kali ini gw mau bikin keripik tempe karna dari kapan gw pingin banget makan n keripik tempe kaya di abang2 di cihampelas ( buat oleh 2 tea ) yang garing gitu, tapi sempet mikir jg kl bikin keripik tempe pake tempe yang di Asia Grocery pasti nggak bakal renyah karna rasa tempe nya tdk bagus buat keripik akhir nya gw mulai ngebut bikin tempe ala Indonesia ( gw bikin tempe dari hari selasa dan baru jadi tempe hari sabtu ) mau keripik tempe aja susah bgt nya tapi disinilah tantangan nya....hihihi. Dari proses pembuatan tempe sampai akhir nya menjadi keripik tempe yang diinginkan...bikin keripik tempe ini ternyata sangat disukai anak2 dan suami mungkin karna krenyes2 nya sampai2 keripik tempe yang baru mateng langsung di sambar anak2 ku dan satu lagi sampai mereka rela bolak balik ke dapur buat nyomot tuh keripik ......senengnya kl makanan  disukai sama keluarga kecilku . Bikin nya gampang kok yang males nya pas ngiris2 tempe menjadi tipis 2 banget ( diperlukan kesabaran tingkat dewa dewi dan harus pake pisau yang bener2 tajam banget ) nah buat kalian yang pingin bikin nie keripik silahkan intip resep nya ( oh iya aku dapat contoh resep ini dari mba Diah didi recep (makasih nya mba udah kasih ide ) tapi ukuran bahannya udah aku modif. 


Bahannya : 

3 buah tempe bungkus ( uk. Ziplok yang sedang mungkin kl yg kecil jadi 6 bungkus nya ) 
250 gr tepung beras 
4,5 sdm tapioka 
375 ml air 
5 daun jeruk iris halus 
2 butir telur 

Bumbu yang dihaluskan 

1 sdt ketumbar 
6 siung bawang putih 
Garam secukup nya 
1 sdt bubuk kaldu ayam 


Caranya : 

1. Potong tempe tipis2 banget pake pisau yang tajam nya , sisihkan . 
2. Untuk tepung pencelupnya : campur tepung terigu , tapioka, bumbu halus , daun jeruk lalu masukkan telur aduk rata kemudian masukkan air sdkt2 sampai adonan encer tapi jgn encer2 bgt nya. 
3. Panaskan wajan beri minyak secukupnya lalu masukkan tempe satu2 kedlm adonan pencelup lalu goreng pada minyak panas , goreng sampai kuning keemasan , lakukan sampai tempe habis lalu angkat dan simpan dalam wadah tertutup . Keripik tempe siap dinikmati. 



Nah ini keripik tempe yg krenyes2 .. 

No comments:

Post a Comment