Saturday, October 12, 2013

Cara membuat lontong dengan Rice Cooker

Akhir nya gw dapat cara membuat lontong yang praktis dan gampang banget ( apalagi kl gw lg kena demam muales cara ini paling cepat ) kan kl pake daun susah kudu digunting, dibakar dan menggulung nya kl pake plastik jg sebenarnya gampang jg tapi kadang 2 byk jg yang gagal jd ini cara yg mnrt gw gampang banget ( apalagi buat emak2 yg sibuk ). Kan kl kangen pingin makan lontong kari, ketoprak, telur surabaya or kupat tahu nah biar cepat bikin lontong nya ya seperti gw aja , jadi buat ibu2 yang pingin bisa bikin lontong cara ini aja dijamin anti gagal ( hihihi) apalagi buat qta 2 yang tinggal di LN  cuman kemarin gw bikinnya pake beras basmati dan gw blm coba kl pake beras jasmine dll ( ntar gw percobaan lg deh ...😄) yuk qta intip caranya :,


Bahannya : 

1 cup beras basmati ( beras ini spt beras yg pera or keras gitu kl dimasak dan buyar nggak lengket satu sama lainnya ) 
5 cup air putih 
Garam secukupnya

Caranya : 

1. Cuci beras sampai bersih 
2. Masukkan kedlm rice cooker beri 4- 5 cup air kmdn tutup dan nyalakan rice cooker kmdn tekan tanda cook biar kan sampai selesai ke tanda warm , baru angkat dan simpan kedalam tempat kmdn tekan2 dan biarkan dingin ( kmrn aku pake pyrex yg kotak dan aku biarkan semalaman, kebetulan bikin nya malam ) .lontong siap disajikan dgn apa saja . Slamat mencoba , gampangkan . 
3. Kl sdh keras lontong tinggal dipotong2 saja. 

Note : pada saat beras dimasak akan mendidih nah ini harus di aduk2 trs nya biar beras yg dibawah nya tdk gosong dan air tajinnya tercampur rata . 


Nah ini lontong dlm cetakan pyrex tinggal di potong2 aja

Nah ini hasil potongan nya
Nah ini beras basmati
Nah tuk ukuran beras pake yg ini 
Nah cup yg ini buat ukuran airnya .. ( cup ini biasanya didpt kl qta beli rice cooker dll) 

1 comment: