Wednesday, October 2, 2013

Resep Doclang Khas Bogor

Dapat lg deh kuliner yg baru gw denger dan baca dari  blog nya mba Diah didi recipe , wah ternyata indonesia memang benar2 kaya akan jenis kuliner ( makanan ) disetiap daerah nya, makanya banyak yg betah akan negeri ini selain kaya rempah2 jg kaya akan kuliner makanan . Senang banget pas liat nih menu karna beneran gw blm pernah coba ini makanan ( pdhl gw sering jg ke Bogor ) jadi penasaran jg gimana rasanya , sebenarnya makanan ini seperti gado2 siram tapi yang jelas lebih segar karna bumbu nya dadakan bgt dan ditambah dengan jeruk nipis wah muantap bgt deh , dan bikin kenyang bgt, gw tadi bikin buat lunch. Setelah baca blog mba Diah trs gw coba cari info tentang jenis makanan ini , ternyta memang ini khas kota Bogor dan katanya yang paling ini doclang ini ada di warung nya Pak Amir , nanti kl gw pulkam ke indonesia gw hrs coba nie makanan, apa sama dengan yg saya buat ( aku ikutin resep nya mba Diah ) pas liat bahan2 nya , ternyata semua gw punya jd langsung gw bikin dan lgs ke dapur tercinta. Yuk buat yang pingin mari qta mulai....


Bahannya : 

1/2 buah lontong ( tergantung teman mau bikin byk nya, kebetulan ini cuman buat 1 porsi ) 
1 buah tahu potong kecil2 lalu goreng 
3 lembar daun selada
1 buah kentang ( ini direbus trs di potong2 sesuai slera ) 
1 buah telur ( rebus lalu bagi 4 ) 
Krupuk aci 

Bumbu kacang nya: 

50 gr kacang tanah, goreng ( uleg halus ) kl tuk 2 porsi or lbh tinggal kali aja nya . 
3 buah cabe rawit merah ( ini jg pedas jd terserah teman2 aja cabe nya ) 
1 bawang putih, goreng
1/2 sdm gula merah 
Garam secukupnya 
Kecap secukupnya 
1/2 jeruk nipis , sebagai penyegar nya ( kt nya lbh enak pake jeruk limo tp berhub kagak ada di USA nya pake jeruk nipis aja ... Hihihi) 


Caranya : 

uleg cabe merah dan bawang putih , garam setelah itu campur dengan kacang tanah yg sdh dihaluskan, lalu beri gula merah, setelah itu simpan dlm mangkuk lalu bumbu dibanjur dengan air panas lalu aduk rata setelah itu beri kecap sesuai slera nya, aduk kembali terakhir beri perasaan air jeruk nipis . Sisihkan. 

Penyajiaanya: 

Ambil piring lalu susun selada , tahu, kentang, lontong , telur setelah banjur dengan bumbu kacang, doclang siap tuk disantap ( eunak deh, seger krn jeruk nipis nya ) met mencobanya. 



Doclang yg belum du siram bumbu
Nah ini penampakan terakhir doclang... Yummy deh. 

No comments:

Post a Comment