Monday, October 14, 2013

Resep cheese stick keju ( ini tanpa tapioka ) versi satu


Kemarin gw habis dibeliin alat buat bikin mie sama suamiku ( makasih nya mas , tahu aja kl aku lg pingin nie alat ), alat ini emang udah lama bgt gw cari tapi nggak ketemu2 nah pas kmrn saturday suamiku iseng jalan2 sama si bungsu ke salah satu toko dan oh la la dia nemuin nie alat ( kebetulan gw kagak ikut pas mrk jalan ) trs telp deh nanyain aku mau nggak alat tsb , ya pastilah gw kagak akan nolak krn gw memang butuh alat ini tuk bikin  Mie , cheese stick dll , pokoknya senang bgt deh dapat nie alat ( dulu lg di indonesia gw punya dan lupa gw bawa ) tp aneh wkt di negara sendiri jarang bgt pegang tuh alat malah lbh byk nganggur nya paling dipake pas lebaran doang buat bikin cheese stick nah pas di negara orang ternyata hobby masak gw meningkat tinggi ( hihihi) dan penasaran bgt pingin bikin cheese stick ( dulu kl bikin cemilan ini tinggal nyuruh pembokat gw yg jago bgt masak , dan gw cuman duduk manis memandangi dia mengolah bahan tanpa pingin turun ikutan jg ... Hihihi, biasa pemalasan ) nah kl disini pas pingin cemilan ini nggak mungkin nunggu yang bikinin so pasti hrs bikin sendiri deh ( hihihi) jd deh gw turun ke dapur tuk mencoba alat baru gw dan mempraktekkan ilmu dari yang pernah gw liat dr pembokat dulu. Yuk deh qta mulai bertempur tuk mencoba alat ini .....

Bahannya : 

200 gr tepung terigu sedang / all porpuse
3 butir telur ( 2 semua nya yang 1 lg hanya kuning ny aja )
1 1/2 sdt bumbu kaldu rasa ayam ( 1 sachet kaldu bubuk ) 
1/2 sdt baking powder
130 gr keju edam ( ini kl takaran segini sebaiknya nggak usah pake garam lg nya krn nanti keasinan ) 
Caranya : 

1. Campur semua bahan lalu uleni sampai didapat adonan yg rada2 lembek ( tp jgn lembek bgt nya ) artinya bisa di pulung gitu deh . 
2. Bagi adonan menjadi beberapa bulatan ( ini aku lakukan biar pas menggiling nya nggak repot ) 
3. Kmdn giling setiap bulatan kedalam cetakan mie ( aku pake nomer 4 ) sekitar 3-5 kali deh biar didapat adonan yg licin kmdn potong2 bentuk persegi  ( kira2 aja nya setiap lembar adonan bisa dipotong 3 bagian ) .
4. Pindahkan cetakan kebagian pemotongan lalu masukkan lembaran yang tadi maka akan qta peroleh potongan2 cheese stick yang siap digoreng , lakukan sampai adonan hbs . ( gw lupa foto step by step nya ) 
5. Panaskan wajan beri minyak yang byk ( biar adonan cheese stick terendam ) lalu goreng potongan cheese stick tadi sampai kuning keemasan , angkat dan cheese stick siap di sajikan . 


Nah ini cheese stick hasil karyaku kmrn krenyes2 bgt deh
Lumayan dpt setoples walau tdk penuh. 

No comments:

Post a Comment