Monday, October 14, 2013

Resep Siomay Abang Abang

Kapan hari gw pingin dan kangen banget sama siomay yang abang2 di sekolah anakku dulu dan dirumah ibu ku , sebenarnya itu siomay nggak ada rasa ikan nya cuman kanji doang tapi gw suka krn kenyal2 nya itu ditambah bumbu kacang nya yang dicampur sama ubi dan kanji jadi enak aja buat gw yang msh suka bgt ama makanan masa kecil ini, gw inget bgt zaman gw sekolah SD di Jakarta wkt itu tiap pulang sekolah pasti gw jajan nie siomay yang trs bumbu nya gw campur pake es serut (  mungkin es doger kali nya , tp  enak bgt deh .... Hihihi, aneh kali nya kl skrng dicoba tp dulu tuh makanan favorit gw ama temen2 ) masa kecil yang menyenangkan bgt , hbs zaman gw sekolah di SD itu qta kl jam istirahat dilarang buat jajan diluar ( pager sekolah yg tinggi di kunci ... Sebel deh makanya gw tepaksa jajan di kantin trs ... Pdhl bosen bgt liat menu nya gituan trs ) makanya pelampiasaan nya pas jam pulang sekolah pasti qta nongkrong dulu ditmpt jajan yg diluar , lbh beraneka warna makanannya dan menggiurkan mata dan lidah deh ( nostalgia bgt ...hihihi) mana ada bakso ibu ( gw nggak tahu nama penjual bakso nya makanya gw bilang bakso ibu krn yg jualannya ibu2 tua ) yang eunak bgt rasa nya trs sama es tagalog wah makin siiiiip deh ( sambil ngelap air liur ... Hihihi) lho kok gw jd cerita masa lalu....up soir nya. Yuk ah qta mulai aja bikin siomay nya , kl ada yg intip resep nya silahkan aja nya...

Bahannya : 

100 gr ikan tenggiri  ( aku pake 3 ekor ikan makarel pike trs dikerok dagingnya ) 
200 gr tepung tapioka
1/2 labu siam ( parut jgn diperas ) 
1 sdt garam kl krng asin boleh ditambah 
2 sdt gula putih 
2 butir putih telur 
1 sdm bawang putih goreng ( aku pake yg sdh digoreng  produk instan ...hihi) 
Beberapa kulit siomay 

Pelengkap nya 

2 buah kentang rebus
3 butir telur rebus
Beberapa lembar daun kol rebus or kukus 
2 buah tahu 

Caranya : 
Campur semua bahan lalu masukkan kedlm food prosesor biarkan sampai halus setelah halus lalu ambil kulit wotton or kulit siomay masukkan 1 sdm adonan siomay , lakukan sampai habis adonan ( kl mau pake tahu tinggal lubangi tengah tahu nya lalu masukkan adonan siomay nya ) kemudian kulit siomay dan tahu yg sdh diisi adonan kukus selama krng lbh 30 menit sampai matang deh . ( sebelum itu panaskan kukusan dulu nya .) selamat menikmati ( gampang kan ) 

Bumbu kacang siomay nya 

200 gr kacang tanah ( aku pake yg kulit dan yg tdk berkulit hbs nggak ada lg ...hihihi) goreng sampai matang. 
2 buah cabe rawit ( kl mau pedas tinggal tambah aja lg sesuai selera aja ) 
1 buah cabe merah besar 
Garam secukupnya 
4 buah bawang putih
2 sdm munjung gula merah ( kl krng manis boleh ditambah lg ) 
600 ml air 
Beberapa jeruk limo ( kebetulan punya jeruk ini 😃) 


Caranya : 
Campur kacang yg sdh digoreng dengan semua bumbu , lalu blender ( tambahin air sekitar 50 ml agar mudah memblendernya ) setelah itu masak bumbu kacang ini dengan ditambah air 600 ml ( jgn takut encer , awal2 memang encer tp setelah dimasak beberapa menit # 30 menit deh adonan akan kental spt membumbu siomay biasa nya ) kemudian masak bumbu tsb diatas api sedang aduk2 rata biarkan sampai bumbu menjadi kental , setelah kental ( tdk kental2 bgt nya rada encer sdkt ) angkat deh bumbu dan bumbu siap tuk disajikan dengan siomay tadi. Selamat mencoba . 


Nah ini siomay abang2 ala dapur maya

No comments:

Post a Comment