Monday, October 21, 2013

Resep Puding Casablanca ( puding bakar )

Wah udah hari senin lagi nie, dan bln oktober akan cpt berlalu , monday ini ada acara arisan orang2 indonesia bikin apa nya diacara ini, serasa gw udah bosen bgt sama baking dan cooking dan pingin rest dulu dari dapur nie, tapi kok rasa nya gw masih punya PR yang blm terbayarkan ( ceile kaya anak sekolah aja ... Hihihi) kebetulan PR gw yang udah lama banget bikin gw penasaran ama nie dessert karna dessert ini katanya jadul ( zaman dulu , zaman emak2 gw or nenek gw kali nya ..😊) dan katanya enak banget ( mnrt nyokap wkt gw tanya tentang dessert ini ) padahal bener gw blm pernah coba krn nyokap gw emang kagak pernah bikin katanya ribet, ya udah gw google aja nie resep daripada gw penasaran trs dan akhirnya gw nemu diresep nya  mba Hesty , wow  ternyata emang bener legit dan enak nie dessert ( takjub ternyata gw bisa jg mengeksekusi nie Puding ...hihihi, loncat2 kegirangan kaya dapat hadiah ...hihihi) padahal bikinnya lumayan ribet karna pake acara yang harus nungguin keras dulu yang satu nya pdhl adonan sdh tercampur semua, kudu antri nunggu giliran adonan berikutnya, Tp alhamdullilah ternyata bisa terselesaikan dgn baik walau sdkt ada kesalahan... ( maklum manusia , ceile ngeleees tingkat dewa dewi...hihihi) kelamaan dongeng yuk mari qta mulai saja ... 

Bahannya : 

6 butir telur seluruh nya ( kuning dan putih nya dipake ) 
21 gram agar 2 putih  ( 3 bungkus swallow globe or 2 tbs +2 Tsp  untuk ukuran kl nggak punya timbangan ) 
420 gram gula putih ( bagi 2 buat memasak agar2 200 gr dan sisa nya 220 nanti kocok bareng telur jd nimbang nya dipisah aja biar kagak bingung ) 
1/2 sdt vanili 
1600 ml air ( ini kl pake agar2 merk thailand kl merk swallow globe pake air nya 1800 ml ) 
80 gram tepung terigu
150 ml susu kental manis ( 1/2 kaleng susu ) 
40 gram coklat Van houten ( sesuai selera aja , kebetulan gw punya nya ini ) 
100 gr margarine ( cairkan, boleh  pake blue band or kl yg di USA pake merk cosco ) 


Caranya : 

1. Kocok telur, gula ( 220 gr ), vanili  sampai mengembang  dan kental dgn  speed sedang setelah itu masukkan susu kental manis kocok dgn mixer speed rendah kemudian gabrukan tepung terigu , masih dikocok dgn mixer sampai rata , kmdn matikan mixer lalu gabrukkan ( masukkan ) mentega cair aduk rata pake spatula, kmdn sisihkan . 

2.campur  agar2, sisa gula putih ( 200 gr ) dan air ( 1600 tadi ) kmdn masak sampai mendidih setelah itu angkat, matikan kompor lalu masukkan cairan agar2 ini kedalam adonan yang pertama aduk cepat nya , kmdn bagi adonan menjadi 2 ( dua ) yaitu adonan putih 800 ml dan adonan coklat 800 gr ( coklat bubuk campur dgn air hangat kira2 saja sampai coklatnya kental kmdn campur dengan adonan sehingga akan didapat adonan coklat ). 

3. Ambil wadah tahan panas ( pyrex ) ukuran besar nya ( nggak tahu tadi uk. Brp tp pokoknya paling besar .. Hihihi) olesi dengan mentega rada tebalnya , kemudian tuang adonan putih ( boleh adonan coklat dulu pokoknya tergantung selera deh , kl gw tadi putih dulu) biarkan agar 2 permukaannya mengeras ( aku tadi pake kipas angin biar adonan cpt keras kl nggak nunggunya lama bisa2 adonan kedua jd keras ) setelah permukaan nya sdh rada mengeras masukkan adonan coklat nya tp ini harus hati2 nya takut nya kecampur dgn yg putih aku tadi pake sedok sayur sdkt2 biar adonan tdk tercampur dengan yg putih ( pokoknya diperlukan kesabaran tingkat dewa dewi deh ) lakukan sampai adonan habis nya . 

4. Setelah selesai panaskan oven dengan suhu 350 F or 175 celcius ( kurang lbh deh ) masukkan adonan tadi lalu masak selama 30-45 menit deh sampai muncul gelembung di pinggiran cake  yang menandakan puding mulai mendidih , jgn khawatir  kl pada bagian pinggirnya , adonan yang pertama ( putih ) naik ke atas. 

5. Setelah mendidih dan sdh di bake slama 30 menit angkat puding , kmdn diamkan sampai uapnya hilang baru deh dimasukkan kedlm kulkas biar dingin kmdn baru deh di potong2 dan siap dinikmati dengan secangkir teh hangat or tuk dessert arisan jg bisa ( ky gw tadi ) . 


           met mencoba, resep dari mba Hesti's Kitchen tapi udh aku ubah sdkt dr segi pengukuran bahan. 


Nah ini hasil jepretan puding bakar ku hari ini ... ( siapa mau pesan... 😃) 


No comments:

Post a Comment