Friday, January 17, 2014

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak

Wah udah lama nie gw kagak pernah nengokkin nie blog ( maklum lagi mualez nulis ) pdhl byk bgt yang udah aku bikin tapi kl lagi kena penyakit ini wah jgn ditanya deh. Hari ini mumpung ada beberapa persen rasa rajin jadi mulai lagi deh nulis resep2 yang udah gw uji di dapur maya tea . Kebetulan hari ini gw masak yang bahannya semua ayam ( lg senang masak ayam ...😃😃) hbs paling gampang dan tdk perlu ribet 2 deh , kali ini gw mau nulis resep tentang Ayam bakar bumbu rujak , buat yang pingin bikin nie gw jembrengin resep nya ...rasa nya eunak deh apalagi dimakan bareng lalap sambel plus nasi hangat ( bisa2 mertua lewat kagak keliatan deh ...hihihi) , pokok nya program diet jg bisa terlupakan karna pingin nambah mlulu ( ini laper apa nafsu nya kok beda tipis artinya 😃😃) . Yuk dimulai deh . 

Bahannya 

2 ekor ayam ( aku pake ayam ukuran kecil deh , lupa namanya tp produk tyson ) 
4 lembar  daun salam 
3 batang sereh , geprek 
5 lembar daun jeruk
Lengkuas secukupnya ( 2 rua jari deh ) , geprek 
2 sdt air asam jawa ( asem aku campur air 3 sdm ) 
Garam secukupnya 
Gula merah 1 sdm 
500 ml air kelapa plus 250 ml santan kental 
Kecap manis 4 sdm 


Bumbu yang dihaluskan :,

10 butir bawang merah ( aku pake yg kecil 2 kl gede 2 cukup 6 butir aja ) 
5 siung bawang putih 
4 buah cabe merah besar ( kl suka pedas tinggal tambah rawit sesuai selera ) 
1 sdt merica butiran 
1 sdm ketumbarv
8 butir kemiri 
2 ruas jari kunyit 
2 ruas jari jahe 

Caranya : 
Tumis semua bumbu halus sampai harum , kemudian masukkan ayam , air kelapa, santan dan semua bumbu lainnya ( seperti garam, daun salam, sereh , lengkuas , daun jeruk , gula merah , air asam jawa . Ungkep ayam dengan api sedang sambil di coba rasa nya setelah mendidih , masak sampai santan menyusut , setelah itu terakhir masukkan kecap manis , aduk rata , setelah itu matikan kompor , angkat ayam sisihkan . 

Kemudian bakar ayam sambil diolesi sisa bumbu tadi , bakar sampai wangi dan kehitaman ( tp bkn gosong nya ) angkat dan ayam siap disajikan . 



Selamat mencoba . 

Ayam bumbu rujak yg siap dibakar 

Ayam siap tuk dibakar ( gw pake oven aja )

No comments:

Post a Comment