Friday, January 17, 2014

Resep Pepes Ayam ala Sunda

Berhubung gw orang sunda asli pasti suka bgt ama yg namanya pepes2 an , gw itu paling senang pepes ikan sebenarnya daripada ayam , apalagi kl nyokap  gw yang masak pepes ikan wah muantap bgt deh itu bumbunya lekoh bgt dan yang paling gw suka kl pepes ikan itu yg byk kemanginya trs dikasih irisan cabe , tomat wah muantap bgt ( jd terkenang almarhum bokap gw kl gini , jd pingin 😂) krn kesukaan gw sama bgt ama bokap gw yaitu pepes ikan mas or ikan patin. Oh iya kl ikan patin aku suka krn tuh ikan gurih bgt sama ama ikan emas apalagi kl tulang2 nya empuk bgt makin lahap makannya trs ditambah sama sambel nyokap gw yang eunak bgt ( bkn promosi tp emang bener sambel nyokap gw terfavorit bgt  buat keluarga  dan teman2 nyokap atau teman gw ) jadi kangen ama masakan nyokap gw dan sambelnya ...😃😃. Jd laper lagi nie nulis resep pepes ayam ini ..hihihi. Yuk nggak usah pake lama buat teman, sobat dll, nie resepnya . Oh iya aku bumbunya aku tumis dulu nya biar nggak langu sama kemiri ( tp ada jg yg langsung dicampur nggak ditumis dulu ) aku lbh suka ditumis lbh nendang bgt ..





Bahannya

1/2 ekor ayam ( nah kl yg ini gw beli yg rada gede trs gw potong 1/2 dan gw potong2 jd 10 buah ) 
250 ml santan kental 
1 butir telur , kocok lepas 
5 batang daun bawang ( berhub daun bawang gw td mungil2 jd gw pake segitu ) potong sekitar 2 ruas jari . 
1 buah tomat besar , potong bagi 4
Kemangi secukupnya ( gw tadi pake byk bgt biar wanginya sedep ) 
Cabe rawit merah beberapa biji ( kl suka nya kl nggak skip aja ) 
Daun pisang tuk membungkus 
Tusuk gigi buat sematnya 
3 lembar daun salam 
1 batang sereh , aku bagi 5 , geprek 
1 ibu jai lengkuas geprek 


Bahan yang dihaluskan : 

5 siung bawang putih 
5 siung bawang merah 
1 genggam kemiri ( biar enak ) 
2 ruas ibu jari kunyit

Bumbu lainnya : 
Garam , gula pasir. 

Caranya 

- panaskan wajan beri minyak 3 sdm lalu tumis bumbu halus sampai wangi ,  aduk rata lalu masukkan ayam . 
- masak ayam sampai berubah warna , aduk rata 
- setelah berubah warna masukkan bumbu lainnya ( garam dan gula ) , aduk  rata lalu cicipi rasanya. 
- kemudian masukkan santan , masak hingga santan asat 
- setelah santan asat , matikan kompor laku diamkan sejenak ( kira 2  10 menit - 15 mnt ) . 
-kmdn masukkan kocokan telur aduk2 hingga merata . 
- trs masukkan tomat, kemang, cabe rawit, daun bawang , daun salam, sereh dan lengkuas , aduk rata . 
- kmdn ambil daun pisang ( enaknya daun pisangnya dibakar dulu sebentar biar lemas daunnya ) masukkan ayam ( bisa 2 atau satu 2 terserah selera aja nya bungks ayamnya ) lalu semat dengan tusuk gigi . 
- panaskan dadang ( sebelum membungkus lbh baik panaskan dadang dulu ) lalu kukus ayam yang tadi sdh dibungkus daun , masak / kuks selama 30- 45 menit deh 
- angkat dan ayam pepes siap disajikan . 

Selamat mencoba kawan ( gampang kok , rasanya dijamin eunak ) 

Nah ini ayam pepes yg sdhdi kukus 
Ini hasil nya tinggal disantap .. Yummy . 

No comments:

Post a Comment