Sunday, January 5, 2014

Resep Masakan Padang ala Maya

Baru sempet nulis nie tentang masakan padang , minggu lalu gw bikin menu padang ala maya kitchen tapi gw nggak bikin rendang , gulai daging or sayur nangka tapi gw cuman bikin sambel merah padang , ikan teri balado sama gulai daun kale karna kl kebanyakan santan kok seperti nya kebelenger ama santan jd gw pilih menu itu aja walau menu padang itu banyak variasinya , jd bikin salah satu aja ( kan bkn RM. Padang asli .. Hihihi) yuk buat yg pingin bikin mari qta liat resep nya . 

Untuk sayur gule kale / singkong 

Bahannya : 

2 ikat daun kale/ singkong  ( buang batangnya lalu rebus sekitar 20 mnt ) lalu iris halus . 
500 ml santan cair ( aku santan kental 250 ditambah 250 ml air ) 
1 ons ikan teri medan ( sesuai selera bisa jambal roti , sepat , teri jengki dll ) , goreng , sisihkan
Lengkuas secukupnya , geprek 
1/2 batang sereh , geprek 

Bumbu yg dihaluskan 

3 siung bawang merah 
2 siung bawang merah 
3 buah cabe merah 
1 ruas kunyit 
Garam 

Caranya : 

Tumis bumbu yg sdh dihaluskan sampai harum lalu masukkan santan aduk2 masak sampai mendidih sambil diaduk agar santan tdk pecah setelah itu masukkan daun kale , salam , sereh , dan lengkuas serta garam aduk kembali lalu cicipi rasa jika sudah pas , matikan kompor beri taburan ikan teri , angkat simpan dlm wadah . Dan siap di santap . 


Sambel merah padang 


Bahannya : 
150 gram cabe merah 
2 siung bawang merah 
2 siung bawang putih 
1 buah tomat 
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya 
1/4 sdt air jeruk nipis 
3 sdm minyak goreng 


Caranya : 
1. Kukus cabe merah, tomat, bawang merah dan bawang putih selama 5 menit , setelah itu tumbuk sdkt halus ( jgn kasar bgt dan jgn halus bgt )  setelah itu aduk2 dgn sendok 

2. Kmdn panaskan wajan beri minyak goteng secukupnya , tumis cabe yg td sdh ditumbuk sdkt halus, masak sampai sambel layu dan harum lalu beri garam, gula dan air jeruk nipis , aduk rata masak sambel sampai matang tp jgn sampai kering nya tapi msh ada sisa minyaknya ( rada2 nyemek istilah jawanya ) lalu angkat dan sambel bisa lgs dinikmati dgn  nasi hangat , gule daun kale dan ikan teri balado . 


Cara membuat sambel teri balado 

Bahanya : 

250 gram ikan teri jengki ( aku kmrn pake ini ) , goreng sampai kering , sisihkan 
2 buah kentang iris tiipis , lalu goreng  sisihkan . 
Gula putih secukupnya 
Garam secukupnya 
Daun salam 2 lembar 
Daun jeruk 2 lembar , sobek2 


Bumbu yang ditumbuk sdkt kasar 
100 gram cabe merah 
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih 
2 lembar daun salam 

Caranya : 

Panaskan wajan beri minyak goreng secukupnya lalu tumis bumbu yang ditumbuk sdkt kasar masak sampai harum dan matang , beri gula putih secukupnya, garam aduk rata , trs cicipi rasa nya setelah itu masukkan ikan teri yang sdh digoreng bersama kentang goreng aduk rata sampai bumbu melapisi ikan teri dan kentang , masak sebentar lalu matikan kompor , angkat teri balado , simpan dalam piring saji . 


Selamat mencoba menu padang ala maya kitchen . 

  Balado ikan  teri jengki kentang . 

Nah ini wujud selero padang  maya kitchen . Ayam bakar padang, gulai daun kale, sambel merah dan rendang dan ditemani dgn sambel teri balado .. Hmhmh yummy .. 

3 comments:

  1. mba maya, tinggal di LN ya? kok nemu sih daun kale/singkong?
    soalnya aku sama tinggal di LN juga. seneng banget liat resep2 di blognya. posting terus ya mba. salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Hazza, salam kenal kembali dari saya. Maaf terlambat balasnya karena saya tidak aktif dalam blog saya beberapa bulan ini. Iya saya tinggal di luar negeri, tepatnya di Alaska. Kebetulan kalau daun kale di Alaska itu beraneka ragam jenisnya. Mba Hazza tinggal dimana? Terima atas kunjungan ke blog saya, semoga bermanfaat dan resep2nya cocok.

      Maya

      Delete