Wednesday, January 8, 2014

Resep Lapis Surabaya Prunes

Kemarin hbs ke sawallayan eh nemuin manisan buah prunes tapi rasa orange( jadi asem2 kecut gitu deh rasanya ) nah kepikiran pingin bikin lapis surabaya yang topping nya pake nie buah, akhirnya google dan pas baca kayanya cocok dan gampang nie kue ( gw baca resep yang punya mba  Ricke's ) sebenarnya dia bikin lapsur greentea ( gw jg tadinya niat pingin bikin lapsur greentea tapi berhub matcha green tea nya kadaluarsa akhirnya gw ganti pake coklat aja deh ) tapi rasa tetap eunak ( mnrt suami dan anak 2 ) tapi kl mnrt gw kurang nendang mungkin karna gw nggak pake butter nya yang Indonesia yang wangi dan legit bgt kl pake tuh butter alias wisjman) tapi tetap nie kue lembut membelai lidah bgt apalagi diolesi sama butter wah tambah makyus deh . Kue ini sesungguh nya ( ada serasa bait yanyian ...hihihi) pake 30 butir telur kuning nya aja ( tapi kmrn gw pake 1/2 resep aja , kebetulan ada telurnya di rmh segitu jadi langsung ludes deh tuh telur ...😃😃) , biasanya lapsur ini dipake buat kue2 ultah terus di hias dengan buttercream berwarna warni sehingga bikin nie kue muahal bgt ( mungkin jg krn byk makan telur jd muahal ) kue ini hampir sama dengan lapis legit yang ngabisin byk kuning telur  ( kl gatot bisa nangis bombay and guling2 deh karna telur jd mubajir ..hihih) tapi kegagalan adalah sukses yang tertunda jgn patah semangat trs coba ampe bisa berhasil ( itu prinsip gw ) gagal itu biasa tuk sebuah kesuksesan ( keren nya kata2 nya ...) udah mulai melantur sebaiknya qta mulai saja resep dan caranya ...( oh cuman sedih pas bikin nie kue mixer gw rusak total jadi hrs kembali ke mixer zaman dulu ...) , kue ini aku jadikan bekel C bungsu ama bapaknya . 


Bahannya : 

15 butir kuning telur 
3 butir putih telur 
150 gram gula kastor ( gula pasir halus , kl nggak ada blender aja dulu gula putih biasa ) 
10 gram emulsifier ( gw pake Tbm ) 
80 gram tepung terigu serba guna ( all porpuse / protein sedang ) 
15 gram susu bubuk ( lbh enak kl pake dancow ) 
15 gram maizena 
1 sdt vanili bubuk 
180 gram butter ( gw kmrn butter semua tanpa dicampur margarine , kl pake wisjman bisa 100 gram dan 80 gram nya blue band / margarine ) , lelehkan terlebih dulu , biarkan dingin
1 sdm susu kental manis 
2 sdt matcha powder ( gw kmrn pake coklat bubuk yang gw cairkan dengan air hangat sebanyak 2 Sdm/ lbh,  kl pake matcha sama dicairkan dgn air panas sebanyak 2 sdm or lebih , jgn encer 2 nya ) 
Manisan buah prunes belah dua menjadi tipis trs lumuri dgn sedikit terigu . 


Filling nya 

Selai strawberry / blueberry 
Atau 
Butter cream ( liat pembuatan butter cream di resep bolu hongkong ) 

Caranya : 
1. Siapkan 3 buah loyang ( aku kmrn pake loyang uk. 23 ,5#13,3 #6,99 kl ada pake loyang uk. 30x 10x 4 cm ) olesi dengan mentega lalu alasi kertas roti dan oles lagi dengan mentega . Sisihkan 

2. campur terigu, susu bubuk, maizena lalu ayak dan sisihkan . 

3. Kocok kuning telur, putih telur dan gula pasir dengan mixer kecepatan tinggi hingga gula larut , setelah itu masukkan Tbm / emulsifier , kocok kembali dengan kecepatan tinggi hingga mengembang , putih dan kental berjejak , setelah itu masukkan vanili kocok sebentar sampai rata. 

4. Lalu masukkan campuran terigu bertahap sambil dikocok dengan kecepatan rendah , sebentar saja sampai tepung hbs lalu matikan  mixer kmdn aduk  rata dengan spatula . 

5. Campur butter / margarine  leleh dengan susu kental manis , masukkan perlahan kedlm adonan , aduk rata dengan spatula dengan tehnik aduk balik. Pastikan tdk ada margarine yang tersisa didasar bowl ( intinya harus rata dan tercampur sempurna butter nya  jgn ada sedikitpun yang tertinggal ) 

6. Bagi 3 adonan ( kmrn aku setiap loyang aku ukur dengan gelas ukur sebanyak 300 ml nanti baru sisa adonan nya aku bagi tiga lagi ) satu adonan aku kasih coklat yang tadi sdh dicairkan dengan air panas / dengan matcha powder jika membuat green tea lapsur ) ." Jika memakai buah prunes ( spt gw ) tata dibawah dasar salah satu loyang  lalu baru tuang adonan". 

7.  Panaskan oven 180 celcius ( 356 F ) panggang  selama 25-30 menit  ( tergantung oven msng2 , aku kmrn cuman 20 menit ) hingga  matang dan permukaannya sudah coklat , angkat dan dinginkan , lalu olesi dengan butter cream / selai kemudian tumpuk dengan bagian coklatnya berada ditengah. 

8. Agar cantik lapsur nya ( aku potong2 pinggirannya kdng kan krng mulus  pinggir2 nya ) 
    Trs agar setiap lapisannya merekat dengan bagus sebaiknya  kulit permukaan untuk lapisan pertama dan kedua dibuang terlebih dahulu sbelum di filling .  


Selamat mencoba . 


Nah ini hasil akhirnya lapsur prunes .. Lupa nggak difoto yg utuhnya . 
Lapsur aku potong kecil 2 tuk acara baby shower Rika 

No comments:

Post a Comment