Thursday, January 2, 2014

Resep bolu Hongkong Keju

Jauh2 banget nya nie bolu ampe ke Hongkong , padahal bikinnya di Alaska ....hihihi. Stststst tapi nie bolu bener2 eunak bgt karna lembut membelai lidah bgt ( lebay dot com bgt ...😃😃) apalagi ama gw ditaburi keju segamreng ama dikasih olesan butter cream yang tdk bikin eneg wah eunak bgt ( jgn ada yang ngiler nya ) sebenarnya bikin ini kue cuman lg iseng bkn niat karna rasa penasaran aja kaya apa sih nie kue ternyata memang eunak , lembut dan ngeju bgt , anak2 gw suka bgt trs bsknya gw bungkus buat suami bawa ke kantor ( lumayan buat cemilan siang2 ) trs nie kue nggak byk makan telur jadi aman deh kl gatot jg nggak merana and nangis berguling2 ...hihihihi. Ada satu kue yang msh bikin gw penasaran yaitu kue lapis legit yang pake 40 telur kuning nya aja , kapan 2 gw mau bikin tapi hrs nunggu wisman dulu karna lapis legit ini selain makan byk telur jg hrs pake wisman biar wangi dan lezat rasanya ...eh kok jadi ngelantur nya . Ya udah gw mulai aja nulis resep nya siapa tahu ada yang mau coba bikin nie kue . Resep ini ada yg gw ubah dr bahan krn disesuaikan dgn yang ada di dapur 


Bahan ya: 
 By ricke 

Bahan A 
4 kuning  telur  
30 gram gula pasir halus 
1 sdt emulsifier ( gw pake tbm ) 
1/4 sdt essence vanilla ( gw nggak pake ) 
1 sdm susu cair 

Bahan B : 
4 putih telur 
1/4 sdt garam 
1/2 sdt cream of tar tar ( gw nggak pake, ini bisa diganti air jeruk lemon ) 
50 gram gula pasir halus 


Bahan lainnya : 
60 gram tepung terigu protein rendah ( aku pake all porpuse ) 
10 gram maizena 
1/2 sdt baking powder 
30 gram keju cheddar parut 
50 gram butter ( un salted ) lelehkan , dinginkan


Taburannya : 

30 gram keju cheddar parut  (  gw pake 150 gram keju parut ) 

Caranya : 

1. Kocok / mixer kuning , 30 gram gula pasir halus dan elmusifier sampai kental dan pucat , masukkan susu cair dan essence vanila , kocok rata , sisihkan ( bahan A ) 

2. Kocok / mixer putih telur , garam dan cream of tar tar  sampai setengah mengembang , masukkan  50 gam gula pasir halus sdkt sdkt sambil trs dikocok sampai mengembang ( bahan B ) 

Kl cuman punya 1 mixer adonan yg A bisa di simpan dalam bowl lain, trs cuci mixer dan lap sampai kering baru kocok lg bahan B . 

3. Masukkan kocokan kuning telur ke dlm kocokan putih telur sambil dikocok perlahan ( aku pake speed 2 aja ) sampai rata . 

4. Campur tepung terigu, maizena, baking powder ayak lalu masukkan tepung terigu sdkt sdkt kedlm kocokan  no 3 tadi , aduk rata pake spatula ( boleh pake mixer dgn speed 2) 

5. Masukkan butter yang sdh dilelehkan tadi sdkt sdkt sambil diaduk perlahan dan merata dengan spatula ( aduk balik nya biar mentega tercampur rata ) 

6. Tuang adonan kedlm loyang yang sdh diolesi mentega dan dialasi kertas roti bakar kue dalam oven slama 30 menit dengan suhu 350 F ( 190 C , tergantung oven msng2 nya ) , panggang sampai kuning keemasan dan tusuk dengan tusuk sate jika tdk ada adonan yang menempel pada tusuk sate berarti kue sdh matang , angkat , dinginkan dan sisihkan . 


Penyelesaian ya : 

Belah kue menjadi 2 bagian lalu olesi dengan butter cream kmdn tutup kembali kue dengan lapisan satu nya , kmdn olesi lagi atas nya dengan buttercream baru taburi keju ( aku hias kuenya dengan buah cerry ) lalu potong2 sesuai slera. 


Cara membuat butter cream sederhana : 

175 gram mentega putih ( shortening  pilih yg kualitas bagus ) 
75 gram margarine ( aku pake blueband ) 
75 gram susu kental manis putih 
50 gram gula halus / icing sugar 
1/8 sdt garam halus 
1/4.sdt vanili bubuk 

Caranya : 

- campur menjadi satu mentega putih, margarine , garam halus , vanili bubuk dan susu kental manis kocok dengan mixer kecepatan sedang ( aku pake speed 4 ) hingga tercampur rata . 

- lalu masukkan gula halus / icing sugar kocok kembali dengan mixer sampai adonanbutter cream mengembang , putih dan kaku , setelah itu matikan mixer dan butter cream siap di gunakan ( kl ada sisa bisa disimpan dlm kulkas tuk kpn2 diperlukan . 



Nah ini bolu hongkong yg aku hias dgn buah cherry
Ini penampakan dr samping 
Siap dinikmati dengan ditemani hot coklat ... Hmhmhm nikmat .

No comments:

Post a Comment