Monday, January 27, 2014

Resep Soes ala Merdeka Bandung by maya kitchen

Hari ini lagi pingin banget soes merdeka Bandung , dimana vla nya itu bikin mulut trs aja nguyah kl makan satu rasanya kurang deh , dulu zaman gw kuliah , kl gw jajan ini kue pasti gw suka dapat gratis karna kebetulan ada saudara gw yang kerja disitu dan buat anak kost yang namanya kharatis sesuatu banget deh ( jingkrak2 ala dora deh ...hihihi) , nah hari ini ditempat berbeda gw mau coba bikin soes merdeka yang bikin kangen, choux pastrynya gw nyontek ke blog nya mba rieke ( makasihnya mba ) tapi isi atau vlanya gw modifikasi sendiri , dan rasanya mnrt gw pas banget serasa  bener2 makan soes merdeka bandung tapi yang ini versi maya bgt ...😃😃, anak2 dan suami jg suka tapi vla gw nggak pake rhum ( karna gw masih meragukan ama rhum jd gw nggak pake ), nah buat tante2, ibu2 atau remaja2 yang pingin bikin nie aku tulisin resepnya . 


Bahannya

200 ml air putih 
100 gram margarine ( gw pake blueband ) tp kl di USA boleh pake salted butter 
1 sdm gula putih
1/4 sdt garam 
125 gram tepung terigu all porpuse or boleh jg pake protein tinggi / protein sedang or dikombinasikan. 
4 butir telur ( karna telur kecil aku pake 4 kl besar cukup 3 aja ) , kocok lepas pake wisk 
 Kantong segitiga ( piping bag ) dan spuit bintang ( aku pake yg gede nggak tahu nomer brp ) kl bisa pake yg nomer 22 . 


Cara membuatnya : 

1. Campur air, mentega, garam dan gula pasir, masak dengan api sedang sampai mentega cair dan mendidih ( tp jgn terlalu mendidih bgt nya , sedang aja ) .
2. Matikan kompor lalu masukkan tepung terigu yang sdh diayak, aduk dengan spatula or sendok kayu hingga tercampur rata , kmdn nyalakan api kembali dengan api kecil aduk2 adonan sampai kalis kmdn matikan kompor , angkat dan biarkan adonan dingin. 
3. Masukkan adonan yg sdh dingin kedlm mixer lalu masukkan telur sdkt2 sambil dikocok dgn mixer kecepatan rendah aja, kocok  adonan sampai lembut dan bisa tuk displuit tapi telur masih bersisa biarkan saja jgn ditambah lg krn kl adonan encer tdk akan bisa di spluit. 
4. Masukkan adonan ke dlm kantong segitiga spluitkan seperti bunga ( aku bikin nya jd gede 2 ) atau boleh jg displuit memanjang ( suka2 aja deh ) tapi kl yang memanjang biasa nya eclair kl soes biasa nya bentuk bulat or bunga diatas loyang beri jarak nya karna kue akan mengembang . 
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama 30 menit dengan suhu oven 395 F or 200 celcius ( sesuaikan dgn oven masing2 nya ) . Melihat kue ini sdh matang dengan cara melihat adonan sdh mengembang kokoh, kuning kecoklatan dan busa  yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sdh matang ( jgn membuka oven sblm busa nya hilang krn kue akan melempem ) jika sudah matang matikan oven , kue siap dikeluarkan . 
6 . Dinginkan di rak kawat . 

Cheese custard filling with  butter cream : 

250 ml susu cair ( gw pake half and half ) tp kl nggak dicampur butter cream cukup susu biasa aja . 
25 gram gula putih 
1/8 sdt garam 
50 gram keju cheddar parut halus
30 gram maizena , caikan dengan air 
75 gram coklat putih ( white cooking chocolate ) , cincang halus , gw pake yg butir2 aja . 
1kuning telur ( egg yolk ) , kocok lepas
1 sdm margarine ( aku pake blueband ) or butter
1 sdt vanilli 

Cara membuat cheese custard filling 

1. Panaskan susu cair, gula pasir, garam diatas api kecil sampai mulai mendidih pinggirannya. Lalu masukkan keju cheddar parut aduk hingga keju mulai larut, trs masukkan larutan maizena aduk2 hingga mengental dan meletup2 . 
2. Kemudian masukkan coklat putih ( white cooking chocolate ) aduk2 sampai coklat larut , matikan api . 
3. Masukkan kuning telur yg sdh dikocok lepas aduk rata, nyalakan kembali api kecil, masak hingga meletup2 angkat, matikan kompor . Masukkan margarine / butter dan vanilli aduk2 hingga licin, selagi di dinginkan vla hrs trs diaduk biar tdk berkulit , selain diaduk trs nanti vla nya akan terlihat licin dan mengkilap. Vla siap di gunakan . 

Butter cream : 

175 gram mentega putih ( shortening ) 
75 gram margarine 
75 gram susu kental manis putih
50 gram gula halus / icing sugar 
1/8 garam halus 
1/4-1 sdt vanili bubuk 

Caranya : 

1. Kocok mentega putih , margarine, garam, vanili bubuk dan susu kental manis dengan mixer kecepatan sedang hingga tercampur rata. 
2. Lalu masukkan gula halus, kocok kembali sampai adonan butter cream mengembang, putih dan kaku, setelah itu matikan mixer dan butter cream siap digunakan. ( bisa disimpan dlm kulkas jika kpn2 akan dipakai ) 


Penyelesaian vla ala merdeka soes 

Campur cheese cheddar filling dengan butter cream lalu mixer dgn kecepatan rendah ( aku pake 2 ) setelah tercampur rata, dan adonan vla sdh halus matikan mixer dan vla ala merdeka soes siap digunakan . 
Nah ini soes yg baru keluar oven dan siap diolesi Vla .. 
Nah ini setelah aku kasih filling aku tambahin sama keju dan strawberry 
Siap dinikmati dengan hot chocolate .. 
Bentuk panjangnya .. 
Tinggal di nikmati .. Hmhmhm yummy 

No comments:

Post a Comment