Sunday, January 26, 2014

Resep Wingko Babat versi Maya kitchen

Udah lama nie gw kagak nyoel 2 blog biasa lagi kehabisa ide cerita padahal resep2 makanan byk yg udah gw coba cuman mau nulis nggak ada ide , nah mumung sekarang lagi muncul ide dan niat yang sangat tinggi buat nulis , buru2 deh gw cari my i pad kesayangan buat kembali aktif nulis resep lg mungkin ada yang memerlukan nya ( gr bgt nya gw ...hihihihi) kmrn lagi weekend gw iseng2 pingin bikin wingko babat ala semarang tea , ini merupakan makanan favorit gw bgt kl ke semarang pasti harus beli ini selain lumpia , wingko ini udah byk rasa nya tapi gw lbh suka yang original lbh kerasa ketannya dan kelapa , tapi gw bikin nie wingko pake persi di oven kl dibakar diatas api gw msh terkena virus males jadi cari yang praktis ... Hihihihi, ternyata rasa wingko yg gw bikin ini eunak bgt ( muji sendiri ) tp bener bgt enak dan tdk terlalu manis, jadi buat teman2 yg pingin bikin nie resep nya : 


Bahannya : 
150 gram tepung ketan 
150 gram kelapa kering ( bisa jg pake kelapa yg baru diparut , kebetulan gw punyanya yg kering ) 
100 mili santan cair ( 50 mili santan kental campur 50 ml air ) 
Sejumput garam 
150 gram gula putih 
100 mili santan kental 
1 butir telur , kocok lepas 
Wijen secukupnya tuk taburan ( boleh di skip kl tdk suka ) 

Pengolesnya : 
1 butir kuning telur 


Caranya : 

-campur  tepung ketan, kelapa parut kering, garam, gula putih aduk rata sampai gula larut . 
- setelah tercampur rata dan gula sdh larut baru masukkan telur, santan encer sedikit2 bergantian dengan santan kental aduk/ remas 2 supaya semua adonan tercampur rata . ( Adonan akan menjadi lembek ) , Sisihkan. 
- ambil loyang ukuran 30x30x 8 cm  beri kertas roti olesi  kertas roti dengan minyak goreng sampai rata lalu masukkan adonan kmdn panggang dalam oven dengan suhu 335 F or 170 celcius  selama 45 menit ( tp ini tergantung oven masing2 nya ) jika adonan pinggir2 nya sdh kelihatan coklat angkat loyang trs keluarkan dari oven lalu olesi dengan kuning telur taburi dengan wijen ( jika tdk suka skip aja ) panggang kembali skitar 4 menit saja , keluarkan loyang dari oven biarkan dingin , kmdn stelah dingin potong2 sesuai selera . 

Selamat mencoba . 
Nah ini wingko babat wijen versi maya , sorry motongnya  nggak rata ... 😄😃

No comments:

Post a Comment