Monday, January 6, 2014

Resep beraneka macam roti ala maya kitchen

MaCerita nya pas hari minggu tuh penasaran bgt pingin bikin roti , karna 2x bikin tdk mengembang pada saat di fermentasi , setelah mikir2 beberapa kali sesudah kegagalan tsb akhirnya didapat dimana letak kesalahan nya ternyata Suhu sangat mempengaruhi terjadinya fermentasi , walau suhu dirmh sdh 75 F ternyata tdk membantu fermentasi dgn baik karna suhu panas terbagi2 ke beberapa ruang , jadi inti nya kl ingin membuat roti pada saat winter hrs di kira2 dulu brp suhu hari itu ( ini mnrt pengalaman aku yg tinggal di Alaska dimana suhu teramat dingin kdng 2 ) karna perbandingan aku kl pada saat summer jika membuat dough cepat skali mengembang nya , nah pas hari minggu itu walau suhu tdk mendukung tapi gw tetap nekat bikin tapi gw pake trik dengan cara adonan spy mengembang bagus akhir nya tuh adonan aku pakein heater didepan adonan tsb ternyata teman2 hasilnya benar2 mengembang sempurna ( wah jingkrak2 gw karna berhasil dgn analisa gw slama ini ...hihihi) dan hasil roti yang dihasilkan benar2 eunak , lembut dan pada saat di oven jg hasilnya kuning kecoklatan muda , wah senang nya gw karna akhirnya bisa membuat roti dengan sempurna .... 😃😃😃.  Oh iya aku bikin nie roti dengan metode tang zhong / water - roux paste ., ternyata dengan metode ini membuat roti lembut dalamnya dan walau dibsk kan tetap lembut tinggal masukkan ke microwave saja agar roti eunak hangat dimakannya . Resep aku pake dari mba Ricke , resep nya tdk aku modif karna msh takut gagal jd resep sama persis dgn mba ricke , nah ibu 2 yang pingin bikin nie resep nya . Oh iya satu lagi aku ingatkan kl membuat roti dengan takaran ini pada saat menguleni lbh baik pake tangan saja krn kl pake mixer takut rusak spt punya ku ( krn adonan sangat berat ) kecuali kl ukuran mixer nya sesuai dengan berat adonan , kl krng dr jumlah adonan lbh baik pake tangan saja ( ini tip dr aku , karna skrng gw cuti dulu ngebaking ,  sampai mixer nya di beliin lagi ama suami ...hihihi) , ini resep nya . 

Cara membuat Tang Zhong : 

25 gram terigu protein tinggi  ( bread flour ) 
125 ml air 

Cara membuat adonan Tang Zhong 

Campur terigu dan air aduk hingga rata , lalu panaskan di atas api kecil sambil diaduk2 dengan menggunakan whisk hingga mengental membentuk paste , tdk perlu adonan ini sampai meletup2 . Warna dari adonan / paste ini putih susu nya ( jika sudah berwarna keabu2 an berarti sdh terlewat dan tdk bisa dipakai lagi ) . Jika punya candy termometer bisa diukur suhu pastenya sh mencapai sekitar 65 celcius, angkat matikan kompor aduk2 hingga hangat lalu tutup paste ini dengan plastik wrap biarkan dingin sampai pada saat di gunakan. ( yang perlu diingat adalah paste jika sdh berwarna putih lgs saja matikan api nya dan angkat )


Dough / adonan utama roti 

375 gram tepung protein tinggi ( bread flour ) 
100 gram terigu protein sedang ( all porpuse / plain flour ) 
35 gram susu bubuk 
1 sdt bubuk vanila susu ( aku nggak pake karna nggak punya ) 
75 gram gula kastor ( gw pake kmrn memang gula putih halus / gula kastor , kl nggak ada bisa diblender dulu aja gula nya biar halus ) 
1 sdt gram ( peres ) 
1 sachet ragi instan ( 11 gram ) 
1/2 st bread improver ( gw nggak pake ) 
2 kuning telur kocok lepas 
150 ml air es ( resep asli pake air hangat , gw pake air es aja ) penggunaan air disesuaikan dgn kebutuhan , bisa lebih bisa jg kurang ( kmrn gw rada dilebihkan jadi skitar 200 ml karna terigu di USA lbh kering ) .tergantung pada kondisi masing2 adonan nya . 
50 gram butter , potong2 suhu ruang nya ( aku  kmrn pake  mentega putih ) 


Isiannya ini hasil modifikasi  gw aja ( sesuai selera aja nya ) 

Abon daging dan abon tuna 
Keju
Coklat 
Sosis
Jam strawberry ( ini krng bgs krn hasiknya berceceran mungkin karna jam ini cair tapi kl jam nya padat akan jauh lbh bagus ) 

Untuk olesan roti abon aku pake : 

5 sdm mayonaise 
2 sdm susu kental manis 

~~ campur kedua bahan diatas sbg olesan tuk roti abon . 

 Cara membuat nya : 

1. Ayak terigu dan susu bubuk ke dlm baskom besar or bowl mixer ( gw kmrn baskom aja ) kmdn tambahkan gula kastor, bubuk vanili susu aduk rata , setelah diaduk baru masukkan ragi instan aduk rata kembali , sisihkan. 
2. Setelah adonan tercampur rata baru masukkan water - roux paste / tang zhong dan kuning telur, aduk hingga rata ( aku pake tangan aja ) 
3. Terus secara bertahap atau sedikit demi sedikit masukkan air es sambil diuleni hingga adonan kalis ( perhatikan adonan masing 2 nya , jika adonan sdh cukup kalis dan air masih bersisa tdk pelu ditambahkan lg . Begitu pula sebaliknya, jika air sdh habis tapi adonan msh kering , airnya bisa ditambah . 
4. Lalu masukkan garam dan butter , lanjutkan menguleni hingga sluruh butter tercampur rata pada adonan dan adonan menjadi licin . 
5. Pindah kan adonan ke meja kerja yang tlah ditaburi tepung sdkt ( kl nggak ada meja kerja pake talenan aja yang di beri tepung )  terus lakukan mengeluni adonan tsb sampai kalis dan elastis , setelah adonan dirasa sdh kalis dan elastis bulatkan adonan tadi ,taruh dlm bowl yang bersih yang sdh di olesi minyak goreng, tutup bowl yg berisi adonan dengan plastik wrap / serbet lembab , kmdn diamkan tuk proses proofing selama 1 jam or sesuai kondisi ruangan masing2 hingga akan didapat adonan mengembang 2x lipat . 

6. Setelah adonan mengembang kmdn kempiskan adonan, uleni lagi sbentar saja , trs timbang adonan kmdn bagi rata ( kmrn aku sekitar 60 gram , aku dapat sekitar 18 roti) setelah ditimbang lalu diamkan lagi sekitar 10 menit . ( kmrn aku sesudah ditimbang aku bentuk bulat2 dulu ).

7. Setelah 10 menit baru adonan yang tadi aku bulat2 kan aku bentuk sesuai slera saja ( jd disini ibu 2 bebas berkreasi ) setelah aku bentuk 2 dan aku isi sesuai slera ,kemudian aku tata dalam loyang dan aku tutup dgn plastik wrap / serbet lembab trs aku diamkan kembali tuk proses proofing kedua , aku diamkan selama 30 menit ( aku pake bantuan heater ) . 

8. Panggang roti dalam oven selama 15- 20 menit ( aku kmrn  12 menit  , tergantun oven masing2 nya kl warna roti sdh kuning kecoklatan matikan oven , angkat ) aku panggang dengan suhu 400 F or sekitar kira2 180- 200 celcius . Kmdn keluarkan roti dari oven kl sdh matang , jika akan memakai taburan abon olesi pada saat panas 2 dengan olesan diatas tadi baru tabur dengan abon . 

Selamat mencoba kawan 



Nah ini adonan Tang Zhong / water roux paste 
Nah ini roti hasil karyaku kmrn 
Ini penampakan roti didlm nya lembut krn menggunakan Water roux paste 

No comments:

Post a Comment