Saturday, January 11, 2014

Resep Kue ultah 3 warna ( ungu , kuning , hijau )

Hari jumat kemarin ( 10/1/2014 ) gw berencana tuk ngabisin sisa putel ( putih telur ) bekas bikin lapis surabaya , rencananya pingin bikin rainbow cake tapi berhubung punya loyang nya perseginya cuman 3 jd nggak kesampaian deh bikin rainbow cake yang ada 6 warna , akhirnya daripada tidak jadi ya sutra bikin 3 warna aja ( namanya jg iseng 2 ) udah gitu jg cuman buat berlatih bikin cake ultah dan mencoba mendekorasi walau masih minimalis bgt deh ( maklum baru coba pertama dan msh ada rasa takut2 ...😃😃) tapi kl rasa kue nya walau hanya dari putih telur enak bgt , lembut bgt deh apalagi dikasih filling nya cheese buttercream jadi pas banget ada rasa asin , kecut sdkt jadi pas banget sama cake 3 warna ini , aku liat resep nya hasil pencarian di mbah google dan terdampar di blog nya mba Iin Sidharta , resep ini sebenarnya cake pandan putih telur by Ny . Liem ( pakar kue terkenal di bandung ) . Yuk buat yang pingin bikin kue ini silahkan liat resep dibawah ini ( gampang kok ) siapa tahu teman2 kebanyakan putel kan sayang kl dibuang kan lbh baik  dimanfaatkan . ( resepnya ada sdkt aku ganti krn disesuaikan bahan yg ada ) 

Cake 3 Warna Putih Telur 
( original : cake pandan putih telur , by Ny . Liem )
1 resep untuk 1 rainbow cake diameter 20 cm . 

Bahan A: 

350 gr putih telur 
250 gr gula pasir 
1 sdm emulsifier ( aku pake Tbm ) 
1/2 sdt garam 


Bahan B : 

200 gram terigu ( aku pake all porpuse or protein sedang ) 
30 gram maizena ( corn strach ) 
20 gram susu bubuk ( aku pake canartion dry milk ) 

Bahan C : 

100 gram margarine ( kmrn aku pake blueband , kl di USA pake crisco aja yg kuning ) , lelehkan biarkan dingin. 
150 ml santan / susu cair ( krn aku bikin cake 3 warna jd aku pake susu , kl bikin pandan sptnya lbh enak pake santan biar gurih ) 

Caranya : 

1. Kocok bahan A hingga soft peak ( kental berjejak ) , mixer . 
2. Masukkan bahan B , aduk rata ( pake spatula aja , kl aku ) 
3. Masukkan bahan C , aduk rata ( pake spatula , aduk balik nya kl aku ) 
4. Timbang masing2 ( aku kmrn krn cuman 3 jd aku bagi perloyang 500 ml ) kmdn setiap adonan beri warna ( aku pake ungu, kuning, hijau ) 
5. Setelah dibagi rata kmdn masukkan kedlm loyang ( aku loyang nya tdk diolesi mentega , panggang kurang lbh 15 menit hingga matang ( permukaannya kering trs kl ditest tusuk sdh tdk lengket adonannya di tusuk sate ) , aku pake suhu 320 F . Simpan dlm rak kue biarkan dingin dan siap tuk di beri frosting . 

Filling Cheese Frosting ( by Ria Heliyanti ) 

Bahannya : 

250 gram cream cheese ( aku pake 1 kotak aja kl tdk salah 225 gram deh ) 
100 gram butter 
225 gram gula halus ( icing sugar / 
473 ml heavy whipped cream 

Caranya : 

1. Kocok cream cheese dan butter hingga lembut , dengan mixer speed sedang ) 
2. Tambahkan gula halus , kocok rata msh dgn mixer , setelah gula tercampur matikan mixer , sisihkan 3. Ambil wadah lainnya tuk mengocok heavy whipped cream , kocok dgn mixer sampai kaku ( ngocoknya terpisah nya antara cream cheese dan butter jgn disatukan . ) matikan mixer . 
4. Terakhir campur heavy whipped cream yang sdh kaku kedlm adonan cream cheese yang tadi lalu aduk rata dengan spatula , frosting siap digunakan. 

Penyelesaiannya . 

Aku susun cake warna ungu paling bawah lalu aku beri filling lalu aku tumpuk lagi dengan warna kuning trs aku beri filling lagi dan terakhir aku tutup dengan cake warna hijau trs aku beri filling atas nya dan aku taburi springkle ( sesuai selera aja boleh meises warna warni jg ) lalu pinggir2 kue atas nya aku dekorasi dengan bunga2 kecil dgn frosting yang aku kasih warna pink . 


Begitu saja proses dr kue ultah nya , semoga bermanfaat . 





Nah ini adonan yg soft peak ( dia akan meninggalkan jejak segitiga tumpul jika alat pengaduk diangkat ) 
Nah ini hasil kue ultah perdanaku jd msh minimalis bgt .. 😄😃

Nah ini sisi kue 3 warna .. 

No comments:

Post a Comment