Tuesday, December 3, 2013

Resep Bakso Isi daging Cincang ( meat ball )

IUdah lama jg sih bikin nie bakso tapi baru keingetan sekarang tuk nulis , waktu bikin ini bakso gw  lagi inget bakso yang ada di jalan anggrek bandung alias lagi keterpa kangen ama bakso anggrek ...hihihi. Paling seneng kl makan bakso ini karna rasa nya yang enak walau cuman dimakanbening tanpa saos or sambel , bener2 bakso kampung yang bikin nagih , gw tuh dari dulu senang banget kl jajan di pinggir 2 jalan soalnya rasa nya lbh makyus ketimbang di resto2 ( mungkin pecinnya lbh byk kali nya jd lbh gurih ...hihihi) , kerjaan gw tuh paling senangcari kuliner 2 yang baru dan gw cicipi tiap hari  ampe bosen ...hihihi, nah ntar gw tinggal praktek di rmh buat anak2 dan suami jd hobby gw selain kuliner ya masak hasil dari kuliner ( emang doyan jalan aja kali nya ...alasannya cari kuliner...hihihi) tapi gw emang paling senang nyobain makanan2 suatu daerah ntar tinggal pake feeling bumbu2 nya tapi kl udh gw praktekkin semua yang coba mau tetangga, keluarga dan teman2 gw pada suka padahal bumbu nya ilmu feeling aja ...hihihi ( berbangga sedikit tp bkn sombong lho....hihihi) kan kl pada suka gw jd semangat lagi buat jalan2 cari kulineran, kadang2 suka ada yg pesan jg. Cerita dikit nya waktu itu ada teman,  dia mau pesan masakan dr gw ( kl nggak salah lontong kari ) dia mau pesan buat 150 orang ( byk bgt deh ) tapi sayang gw tolak ( belagunya gw ...hihihi) gw kagak sanggup lah hbs semua hrs gw kerjain sendiri dr bikin lontong, kepasar dll mslh nya gw kagak punya pembokap  jd gw tolak drpada gw cape ...nah itu pemesan yg terbanyak ( pdhl kl gw trima mungkin gw bisa Top nya ....hihihi or jd tukang katering πŸ˜ƒ) masa lalu yang indah ...hihihi. Kok gw jadi ngelantur nih dai bakso malahjd pemesan ...hihihi, yuk deh qta mulai aja caranya bikin bakso isi daging cincang ala bakso anggrek . 


Bahannya : 

500 gram daging ( gw lupa daging apa namanya tp tanpa ada lemaknya , gw potong kecil2 ky buat rendang ) 
10  siung  bawang putih , uleg yg halus 
150 ml es batu 
Garam secukupnya 
1 sdm bawang putih goreng ( ini gw beli jadi kan byk tuh di Asia Grocery ) 
1/2 sdt soda kue
100 gram tapioka 
50 ml putih telur 

Bahan isian nya 

250 gram daging cincang 
5 siung bawang merah , cincang halus
5 siung bawang putih, cincang halus
1 1/2 sdt garam ( kl krng asin tambahkan aja ) 
1 sdt merica bubuk 


Cara membuat isian nya : 

Tumis bawang merah , bawang putih sampai harum setelah itu masukkan daging cincang aduk2 rata setelah daging berubah warna beri merica , garam dan air kira 2 100 ml deh aduk kembali , setelah itu biarkan daging matang dan air kering sesudah itu matikan kompor lalu sisihkan isian  tersebut. 


Cara membuat bakso nya : 


1. Potong daging tanpa lemak kecil2,( seukuran kl qta mau bikin rendang deh ) masukkan kedlm food prosesor ( ini gw recomended bgt krn hasil gilingan nya halus bgt dibanding blender) dan 1/2 es batu ,  lakukan sampai didapat daging cincang yang halus ( kl memang pingin bakso yang halus nya , kl mau kasar yang tinggal dikira2 aja daging nya jgn terlalu halus bgt pas giling nya ) . Gw ampe 5-6 kali giling deh . 

2. Setelah daging cincang halus masukkan sisa es  batu, bawang putih goreng, bawang putih halus, putih telur ,garam giling kembali setelah itu masukkan tepung tapioka bersama soda kue ( baking powder ) giling sampai adonan menjadi seperti pasta ( adonan lembut dan mulus kaya pipi nya artis2  ...hihihi ) , matikan food prosesor , kmdn pindahkan adonan ke bowl or mangkuk . Sisihkan. 


3. Rebus air sampai mendidih, kl sdh mendidih kecilkan api tunggu kira2 5 mnt spy air tdk terlalu panas krn kl air terlalu panas dan  adonan bakso dimasukkan akan pecah hasil nya tdk mulus kaya pipi artis nantinya πŸ˜ƒ. Setelah air tdk terlalu mendidih kmdn ambil  adonan segenggam lalu pencet  adonan diantara telunjuk dan ibu jari lalu ambil dengan menggunakan sendok kmdn masukkan kedlm air tsb biarkan sampai mengapung tanda bakso matang ( ini kl mau bikin bakso tanpa isi ) lakukan sampai adonan hbs kl mau bikin semua bakso tanpa isi.

4. Kl bakso isi tinggal ambil adonan bakso kira2 1 kepal ( sesuai bakso yg akan dibentuk nya ) kmdn simpan pada telapak tangan lalu kita tipiskan kmdn kita beri isi kira2 2 sdt lalu kita bulatkan lagi adonan yang telah diberi isi kmdn ceburkan pada air yang tadi sdh dipanaskan biarkan sampai mengapung ( tanda bakso matang ) lakukan sampai adonan habis . Setelah semua bakso mengapung besarkan api sdkt saja biarkan bakso matang didlm nya kira2 5 menitan deh , setelah itu matikan kompor lalu angkat dan biarkan bakso dingin dan siap tuk di santap. Bakso ini bisa awet disimpan dlm freezer slama 6 bln lebih dia akan tetap bagus walau tanpa bahan pengawet . 

Selamat mencoba . 

 ini penampakan bakso isu daging cincang ala bakso anggrek yg putih itu lemak dr daging cincang ..
Nah ini bakso urat 
Nah ini bakso halus nya 

1 comment:

  1. daging yg dicincang untuk isian itu trlbih dhulu drebus atau lgsg dicincang mentahnya?trmksih

    ReplyDelete