Friday, December 13, 2013

Resep mpek mpek Dos

Hari ini gw pingin banget mpek2 tapi liat kulkas nggak punya fishpaste or ikan yang nganggur , mau blanja dulu wow muales banget karna snow turun mlulu udah gitu udara dingin banget bikin alergi gw kambuh, jadi sambil mikir2 gimana cara nya supaya bisa makan mpek2 tanpa ikan , akhirnya google kesana kemari dan ketemu deh disalah satu blog ( entah blog nya siapa, tapi aku makasih bgt nya udh share ilmunya semoga mendpt pahala dr Allah SWT ...aamiin ) ternyata bikinnya gampang banget dan rasa nya eunak ( kt gw sih ..) trs lg lembut banget , akhirnya rasa pingin gw terobati jg walau tanpa ikan bisa jg makan mpek2 , nah buat teman2 yang pingin bikin silahkan liat resep dibawah ini. Tadinya gw mau pake step by step tp sayang HP ku kehabisan baterai ....😂😂, maaf nya kl nggak bisa nunjukkin caranya tapi cuman resep doang kpn2 deh kl bikin lg gw foto, or panggil gw aja kl mau bikin ntar gw ajarin ( ceile kaya ibu guru aja ...hihihi) udah ah ntar kepanjangan nulis nya . 

Ini gw bikin mpek2 kapal selam 

Bahannya : 

 125 gram tepung terigu all porpuse ( kl di indonesia protein sedang ) 
200 gram tepung tapioka  ( kl di indonesia bisa pake tepung sagu tani ) 
250 ml air 
2 sdt garam ( sesuaikan selera aja nya  tadi gw pake segitu dan cukup tdk keasinan ) 
2 sdt kaldu bubuk rasa ayam 
2 butir telur 

Untuk isiannya : 

3 butir telur , kocok lepas . 

Caranya : 

1. Campur air yang 250 ml tadi dengan garam dan kaldu bubuk masak dengan api besar sampai mendidih setelah mendidih kecilkan api lalu masukkan tepung terigu sedikit2 aduk cepat dengan spatula ( gw tadi tangan kiri buat masukkan tepung  dalam bowl dan tangan kanan buat ngaduk ) sampai tepung terigu kalis ( hrs cpt ngaduk nya karna bisa jadi keras kl tdk cpat ) setelah kalis matikan kompor , dan adonan biarkan sampai uap panas nya hilang . 

2. Setelah uap panas nya hilang dan adonan msh hangat , masukkan adonan kedlm food prosesor lalu masukkan telur sekaligus ( yg dua butir telur nya ) lalu giling adonan dengan food prosesor sampai licin , setelah itu pindahkan adonan kedlm bowl sisihkan. 

3. Adonan yang sdh digiling tadi kmdn beri tepung tapioka sedikit2  uleni adonan sampai adonan dapat dibentuk . 

4. Ambil adonan sebesar bola tenis lalu bulatkan setelah itu tekan tengahnya dengan telunjuk tekan2 adonan sampai berbentuk seperti mangkuk setelah itu masukkan 4 sdm telur kocok  , jgn penuh 2 isi nya nanti nggak bisa ditutup lalu tutup sisi 2 maka akan terbentuk sperti kapal selam , lakukan sampai adonan habis . 

5 . Rebus air sampai mendidih lalu masukkan mpek2 kapal selam tadi, masak sampai mpek2 terapung kmdn angkat dan mpek2 siap tuk digoreng. 


Cara membuat cuko : 

250 gram gula merah ( lbh bagus pake gula aren jd hitam pekat ) 
Garam secukupnya 
1 bongkah bawang putih , geprek bersama kulitnya 
50 gram asam kanji ( kl tdk suka asem bisa dikurangi ) 
5 buah cabe rawit merah uleg halus 
1 sdm ebi yg sdh disangrai 
1 sdm kecap manis 
1,5 liter air 

Caranya : 

Rebus gula merah bersama air, bawang putih geprek , garam dan asam kanji biarkan sampai gula larut dan mendidih , serta tercium wangi bawang putih setelah itu masukkan cabe rawit merah yang sudah digerus dan kecap manis biarkan sampai mendidih kembali setelah itu angkat lalu saring, setelah disaring masak kembali kuah cuko ini sampai kental setelah kental angkat kuah dan siap di sajikan bersama mpek2 



Note : jika tdk ada food prosesor bisa pake mixer  tuk menggiling adonan dengan cara campur adonan dengan 1 butir telur lalu aduk  dengan mixer dgn kecepatan  rendah   setelah tercampur lalu masukkan sisa telur yang 1 nya mixer  lagi  sampai didapat adonan yang licin setelah licin matikan mixer kmdn sisihkan. 


Nah ini mpek mpek DOS setelah direbus 

Nah ini mpek mpek DOS yg sdh di goreng siap di nikmati dgn cuko nya 

No comments:

Post a Comment