Saturday, December 7, 2013

Resep Membuat Abon Ikan Tuna

Tadi habis ngejazz langsung ke Cosco dan kebetulan gw liat ada ikan tuna , kepikiran deh buat bikin abon ikan tuna , dulu bikin abon dari salmon pernah sekarang coba dari ikan tuna ternyata enak lho serasa abon ayam gitu , ampe anak2 dan suami makannya banyak hari ini, apalagi dimakan sama nasi yg msh panad   makin nggak inget ama timbangan ...hihihi, soalnya nambah terus , ternyata bikin nya gampang cuman yang cape nya proses terakhir nya aja dimana waktu menggoseng nie ikan diperlukan tenaga yg kuat buat ngaduk2 nya dan lumayan pegal krn berdiri trs ..tapi dari hasilnya bikin Happy deh walau perlu kerja rodi 😃, kl bisa bilang gini berhasil berhasil ala dora sambil loncat 2 ...hihihi. Ternyata ikan tuna lbh enak kl dibanding salmon krn bumbu lbh meresap dan bener2 abon banget , dulu pernah di kasih ama adik ipar abon ikan tapi mnrt gw krng nendang rasanya malah lbh nendang abon gw ini ( promosi bgt nya ... 😃) , buat teman2 yg di perantauan dan kangen sama abon bisa kok buat ini abon gampang nggak susah deh gw jamin semua bisa bikin , nie kl pada pingin bikin ini resep, bahan dan caranya ...yuk qta intip bersama . ( kpn2 gw bikin abon daging deh ) 


Bahannya : 

600 gram ikan tuna , kukus ikan lalu suir 2 ( aku td ngukus nya 20 mnt deh pokoknya sampai matang aja nya nah hasil dr suiran aku dapat bersih ikan nya jadi 500 gram ) 
5 daun jeruk , buang batang tengahnya 
1 batang serai , potong bagi 3 lalu geprek 
2 cm lengkuas , geprek 
Garam secukupnya 
Gula merah secukupnya di iris halus nya ( gw tadi pake kira2 1 sdm ) 
400 ml santan kental 


Bumbu yang dihaluskan : 
10 buah bawang merah 
5 siung bawang putih
Kunyit kira2 aja ( gw pake cuman 1 batang ) 
Jahe kira2 aja 
5 butir kemiri disangrai 
1 sdt ketumbar 

Caranya : 

1. Panaskan wajan beri 3 sdm minyak goreng , kmdn tumis bumbu halus sampai harum setelah itu masukkan sereh, lengkuas, daun jeruk dan garam masukkan jg santan kental aduk2 setelah itu masukkan suwiran ikan tuna aduk2 biarkan sampai santan terser dan kering, jika santan sdh kering dan terserap ikan , matikan kompor , angkat ikan . ( hati2 hangus ) 

2. Nah setelah itu baru tahap penggosengan or pengsangraian , simpan ikan tuna yg sdh dibumbui tadi diatas wajan tanpa minyak lalu aduk2 sampai ikan berwarna coklat ( ini hrs trs diaduk krn kl tdk akan gosong bawah nya ) gunakan api sedang terus lakukan pengadukkan sampai adonan abon ikan ini terasa ringan , jika sdh ringan matikan kompor biarkan abon sampai dingin setelah itu baru disimpan dalam toples yg benar2 tertutup rapat biar abon tahan lama . 


Selamat mencoba, happy weekend All . 

Nah ini ikan sesdh dikukus di suwir
Nah ini tahap kedua spt ini tinggal di gongseng / sangrai 
Eng ing eng ini lah hasil akhir nya , kd abon tuna yg eunak dan makyus ... 

1 comment:

  1. Wah jadi pengen nyoba nih! Aku baru aja nyoba saus thailand tilapianya loh mba, maknyos! Sempet baca di resep yg mana aku lupa, mba tinggal di Alaska? Dimananya? Juneau? Aku pernah kesana mba, sekarang tinggal di Ukraina, sama dinginnya sama Alaska, brrr.

    ReplyDelete