Thursday, December 5, 2013

Resep membuat Ayam Taliwang

Kalau habis sakit pasti yang terlintas di pikiran adalah makanan yg bikin qta nafsu untuk makan seperti makanan yang berselera pedas krn dengan pedas akan membangjitan selera makan qta, emang nya kl sakit itu tidak enak dan baru deh qta berpikir tuk menjaga kesehatan tp kl lg sehat manusia suka lupa tuk selalu menjaga stamina dengan sering makan 2 yg sehat seperti byk makan buah, minum dan olah raga yaitulah manusia kadang2 pola makan yang tidak benar membuat daya tahan tubuh qta menurun ( tapi lbh byk manusia tdk merasakan kl mrk sakit kecuali kl sdh ambruk ) sakit itu tdk mengenakan dimana tubuh sakit semua , rasa tuk mkan jg berkurang ini yg akhirnya kadang suatu penyakit lama sembuhnya . Kok jd melantur nya tulisannya , sekarang qta mulai bahas ayam taliwang ini , ayam ini merupkan favorit gw waktu di bandung krn ayam yg dibakar dengan rasa pedas dan ditemani nasi panas serta kangkung pelencing wah muantap bgt ( ampe ileran nie ngebayanginnya ... Hihihi) setiap ada kesempatan berdua sama suami  pasti gw mampir ke rmh makan ayam taliwang ini yang letaknya di daerah setra sari mall , aneh sama nie ayam nggak ada bosen nya mungkin krn pedas dan kaya akan bumbu2 nya jd bikin ketagihan trs , ampe si abang nya kenal akrab bgt krn sering nya gw beli nie ayam ... Hihihi, apalagi ada es doger yg eunak bgt di depan nie restoran tambah betah aja nongkrong disitu , pokoknya segala kuliner ada disitu dr mpek2 , bakso dorokdok, tahu gejrot, ayam kremes , risol , mie kocok, soto mie, nasi padang dan ayam baceum yg enak ...komplit deh kl buat kowkow ama teman2 gw, makanya gw jarang banget masak kecuali buat anak2 aja gw masak ( krn mrk gw larang buat jajan dipinggir jalan soalnya byk MSG dan bahan2 nggak jelas ...nggak adil nya emaknya ... Hihihihi) , eeeeeh hari ini gw ngidam bgt sama ayam taliwang dan pingin bikin , akhirnya google dan dapatlah resep yg mnrt gw cocok bgt ama lidah gw yg peranakan jawa jd resep nya gw sesuaikan ama selera jawa nya deh . Yuk kl pada pingin coba nie resep .

Bahannya : 

1/2 kg ayam ( gw pake chicken wing , kl mau bisa pake ayam utuh tinggal potong2 menjadi 10 potong) 
1sdm gula merah ( iris halus nya ) 
800 ml air 
Garam secukupnya 

Bumbu yang dihaluskan :

5 buah cabe merah 
5 buah cabe rawit merah
3 butir kemiri ( boleh disangrai dulu kl males lgs aja ) 
1 butir kencur 
1 sdt terasi goreng 
1 buah tomat 

Caranya : 

Panaskan wajan beri minyak secukupnya, tumis bumbu halus sampai harum , setelah harum masukkan ayam aduk rata lalu beri air kmdn masukkan gula merah dan garam biarkan sampai ayam matang dan bumbu mengental ( api sedang aja nya ) setelah bumbu mengental dan yam matang matikan kompor lalu angkat ayam , sisihkan . 

Setelah itu ambil teflon panaskan dengan api sedang kmdn panggang ayam sampai berwarna coklat angkat ( lakukan sampai hbs kl ayam mau di pake semua , kl hanya seperlunya, maka sisa ayam  simpan  di lemari pendingin dan bisa di panggang kpn saja ) . 

Sajikan ayam taliwang dengan nasi panas dan lalap serta sambel ( muantap deh ) apalagi kl ada kangkung pelecing tambah asyik pasti bakal nambah trs . 

Selamat mencoba kawan 


Ayam taliwang yg siap tuk di panggang / bakar .

No comments:

Post a Comment