Saturday, December 28, 2013

Resep Kripik Singkong Balado ala Maya Kitchen

Yipiie kata pertama yang gw bilang , karna akhirnya gw berhasil jg bikin yang namanya kripik balado singkong yang renyah dan pas rasanya , kalau bisa gw pasti udh jingkrak2 ala Dora  ( yg film kartun itu ) dengan kalimat yang populer " berhasil , berhasil " sambil lompat 2 ...😃😃, ternyata nggak susah bikin nya dan nggak byk makan waktu deh proses nya , senang bgt apalagi my kids and suamiku suka bgt ama cemilan ini, aku tadi liat resep nya dari mba google tapi udah aku modif sendiri tadi cuman liat panduaannya aja selanjutnya terserah gw aja bikinnya dan tenyata sukses ...hihihi, serasa makan kripik sanjay yang dari padang itu ( muji2 sendiri ), oh iya kebetulan lg Suamiku hbs beliin gw alat tuk bikin kripik2 jadi sekalian uji coba ama nie alat ternyata bagus alatnya super tajam dan bisa disesuaikan dengan kenginan kita ukuran ketebalannya ( thank you bgt buat suamiku yang baik karna slalu mendukung proyek2 masak ku dan selalu beliin aku alat2 , itu yg paling penting dibeliin trs alat2 dapur ..hihihihi) . Yuk qta mulai aja cara membuat nya siapa tahu ada yang mau coba teman2 ku. Bahan2 ini tinggal kali 2 aja nya kl singkongnya pake byk . Aku cuman bikin 1/2 resep aja . 


Bahannya : 
1 buah singkong ( gw beli kmrn uk. Sedang  di asia grocery ) , ini aku serut dan hasil bersih nya 500 gram setelah di serut 
Garam secukupnya
1/2 sdm kapur sirih 
150 ml air 


Bumbu balado haluskan : 

150 gram cabe merah besar ( buang bijinya ) 
1 bongkah bawang putih 
50 ml air tuk mblender cabe dan bawang putih . 
3 sdm gula putih ( berhub gula disini tdk manis jd aku pake 3 , bisa dikurangi ) 
1 1/2 sdt garam 

Caranya : 

1. Kupas singkong lalu cuci bersih , kemudian serut singkong dengan alat penyerut ( recomended bgt nya biar di dpt singkong yang tipis ) lakukan sampai habis singkong . 

2. Kemudian rendam singkong dengan garam dan air kapur sirih slama 30 menit , setelah itu cuci bersih singkong kmdn tiriskan . 


3 .setelah itu panaskan wajan dengan api sedang dan minyak secukupnya lalu goreng singkong sedikit2 sampai kuning keemasan , angkat lakukan sampai singkong hbs , sisihkan . 


Cara membuat sambel balado nya : 

Panaskan wajan beri minyak sekitar 4 sdm kmdn masukkan bumbu balado yang telah dihaluskan biarkan bumbu sampai harum dan mengering . 
Setelah mengering baru masukkan gula putih dan garam aduk2 rata sampai gula larut kmdn matikan kompor angkat bumbu lalu aduk biarkan uap panas nya berkurang , kmdn masukkan singkong aduk2 rata sampai bumbu membalut singkong dan biarkan dingin. Singkong balado siap tuk disantap tuk teman cemilan nonton TV . 


Selamat mencoba . 

Kripik yg blm di bumbui .. Crispy 
Hasil akhir kripik yg dibumbui balado .. Hmhmhm yummy krenyes krenyes bgt . 

No comments:

Post a Comment