Monday, December 2, 2013

Resep Membuat Telur Asin Sendiri

Kapan hari gw coba2 bikin telur Asin dan ternyata sukses hanya telurnya kurang padat seperti nya waktu merebus nya krng lama dan tdk aku banjur dengan air dingin , tapi mengenai rasa tdk jelek2 banget deh , mnrt aku sama kaya telur asin yang dibikin pake abu gosok tea..hihihi, alhamdulillah telur nya dalam beberapa hari habis tuh dimakan ama suami, anak dan gw berarti laris banget...( muji2 aja buat diriku biar tambah happy ...hihihi) , walau sebenarya telur asin byk dijual di Asia Grocery tapi gw aja yang lg kebanyakan rajin jadi aja coba2 bikin tuh telur, biasa penasaran aja bisa nggak kl di negara Asing bikin nie telur tanpa ada abu gosok , ternyata bisa dan berhasil ( tak ada rotan akar pun jadi deh inget ama pepatah itu aja ...hihihihi) , walau sebenarnya itu telur kayanya akan jauh lbh enak kl di hampelas dulu biar lbh kinclong gitu ( tp buat gw kagak di ampelas 2 deh hbs muales banget kudu cari dulu kertas ampelas nya langsung gebrus aja ternyata Not Bad deh ) bikin nya jg gampang dan murmer deh nggak perlu byk tenaga dan bahan hanya perlu penantian aja selama 2 minggu baru bisa dinikmati tuh telur. Yuk deh qta mulai caranya dan resep nya : 


Yang diperlukan : 

1 liter or 1000 ml air mentah 
400 gram garam ( mnrt aku ini cukup asinnya kl mau dikurangi atau ditambah monggo aja ) 
10-12 telur ayam ( terserah anda saja mau bikin brp telur , lbh enak lg pake telur bebek ) 
Baskom or bowl 

Caranya : 

Rebus air sampai mendidih sekali, setelah itu matikan kompor lalu masukkan garam sedikit2 aduk2 sampai garam larut (. Lakukan sampai garam habis ) biarkan air sampai dingin banget nya krn kl masih hangat udah dimasukkin telur bisa busuk telur nya . Setelah dingin betul airnya baru masukkan telur lalu simpan mangkuk yang berisi telur tutup dengan tutup panci or apa deh yg penting tertutup rapat biarkan selama  dua minggu  ( tdk perlu dibuka 2 nya ) simpan di tempat yg tdk terjangkau oleh anak2 . Setelah dua minggu angkat  telur lalu rebus sampai matang , jadi deh telur asin buatan sendiri, lbh sehat tdk pake pengawet dan aman ( cius promosi deh ...hihihi) . Oh iya jangan lbh dari 2 minggu nya gw kagak tanggung karna bisa busuk tuh telur syukur2 kl jadi anak ayam ....hihihihi. 
 
Gw lupa knp hasil telur nya nggak di foto nya , kpn2 deh gw potret kl bikin lagi. 


Met mencoba kawan 
Nah ini telur asin siap di diamkan selama 2 minggu . 
Nah ini telur asin yg sdh jadi tinggal tunggu disantap ... 😄😃👍

No comments:

Post a Comment