Friday, December 6, 2013

Resep Spring Roll

Mungkin dari namanya bkn seperti lumpia tapi ternyata ini nggak lain nggak bukan ya lumpia , makanan ini namanya egg roll, pulang ngejazz tadi kaya nya pingin banget makan nie cemilan  , ya sutra akhirnya harus tetap bergelut didapur sendiri jg buat menyatap nie makanan. Gw dapat ini resep dari Nenk Dolis alias ibu Mila Karmila , nuhunnya udah di kasih tahu , sebenarnya rada bingung jg pada saat di kirim resep karna nggak ada ukuran bahannya jadi nie resep udah gw sempurnakan   dan gw tulis berdasarkan praktek gw, kasihan nanti kalau ada yang pingin bikin , rasa egg roll ini enak banget dan gampang bikinnya pasti semua bisa apalagi kalau dicocol pake saus tuk egg roll ini ( ada ditoko Asia grocery nya ) wah makin muantap dan yang pasti tdk bisa berhenti karna nagih trs buat menyatap nya . Egg roll ini crunchy trs sayuran jg nggak bikin ini egg roll jd lembek pokoknya asyik banget buat di makan sore2 pake teh hangat atau kopi susu hangat makyus deh . Yuk pasti penasaran deh teman2 pingin bikin nie cemilan , mari qta mulai deh . 


Bahannya : 

250 gram daging ayam dada nya aja 
150 gram udang ( kupas kulitnya ) 
1 1/2 siung bawang bombay ( karna aku pake yg kecil kl yg besar cukup 1 saja ) 
10 siung bawang putih ( bisa dikurangi jika tdk suka bawang putih ) 
1 sdt merica halus
1/2 sdt merica bubuk hitam 
Garam secukupnya 
1/2 sdm gla putih 
1 buah wortel , parut kasar
1/2 kol, parut kasar ( kl diiris kurang bgs kecuali iris lembut nya ) 
Minyak secukupnya 
Kulit lumpia secukupnya ( aku pake yg instant ada di toko grocery ) 

Caranya : 

1.  Giling ayam  dan udang di foodprosesor ( kl tdk ada bisa pake blender ) sisihkan . 
2. Kmdn giling jg bawang bombay dan putih dalam foodprosesor ( bisa jg di blender ) sisihkan. 
3. Panaskan wajan beri minyak secukupnya ( 5 sdm ) jika minyak sdh panas masukkan gilingan bawang putih dan bawang bombay, aduk2 sampai wangi / harum, jika sudah harum beri merica bubuk putih dan merica bubuk hitam aduk kembali sampai rata . 
4. Kemudian masukkan gilingan udang dan ayam tadi kedalam tumisan bawang aduk rata , strlah daging dan udang berubah warna lalu beri garam secukupnya dan gula, kembali aduk,lalu cicipi rasanya jika krng bisa ditambah bumbu sesuai selera saja misalnya garam, gula , merica. 
5. Setelah di tes rasa dan sdh cocok maka masukkan sayuran ( wortel dan kol ) aduk2 rata biarkan sampai sayuran layu setelah itu angkat dan sisihkan. 
6. Setelah diangkat kemudian saring adonan tuk isi tsb karna akan banyak mengeluarkan air ( nah ini yg mempengaruhi knp egg roll menjadi crunchy krn dilakukan penyaringan ) , setelah itu sisihkan. 
7. Ambil satu lembar kulit lumpia nya beri adonan isi sekitar 1 sdm, lalu lipat sperti melipat amlop, lakukan sampai adonan isi hbs . ( kl mau membuat secukupnya adonan isi dapat disimpan dlm lemari pendingin sekitar 2 minggu ) 
8. Jika kulit lumpia sdh slesai di isi maka goreng egg roll dengan minyak secukupnya ( lbh baik egg roll terendam minyak ) dengan menggunakan api yang sedang nya biar tdk cepat hangus , goreng sampai kuning keemasan , angkat dan sajikan dengan sambel saus  or cabe rawit . 


Selamat mencoba . 


Nah kulit yg dipake spt ini merknya 
Cara menggulung spring roll 
Kmdn gulung 2 x 
Lipat sisi kanan
Kmdn lipat sisi kiri 
Gulung kembali lalu lem dengan putih telur 
Bentuk akhir spt ini dan tinggal di goreng 
Lupa ini isi untuk spring roll spt ini 
Nah ini hasil akhir nya ... Makyus 

No comments:

Post a Comment