Monday, December 23, 2013

Resep Nasi Bakar Jamur Teri .....👍👍

Udah senin lagi nie dan tahun 2013 ini akan cepat berlalu , karna hari ini hari pertama anak2 libur jadi otomatis emaknya bakal di sibukkin didapur karna kl libur anak2 pasti suka pingin dimasakkin segala macam makanan, dr cemilan dan makan berat ...( hiihi ) , hari ini ada request dari Bapaknya  katanya  kangen sama nasi bakar yang ada ikan terinya dan jamur , mumpung anak2 blm ada request jadi bisa melaksanakan permintaan bapaknya nie , kebetulan dulu suka bikin tapi cara nya lupa lagi jadi hrs ngintip2 mbah google deh , dan pas bgt nemuiin resep yang mnrt gw cocok dan pas spt wkt gw suka bikin dulu , gw ngintip resep nya bu fatmah bahalwan ncc ( makasih nya bu ) kl resep bu fatmah pake ayam tapi kl yang gw diganti aja ayam sama jamur ( kebetulan di kulkas lagi nggak ada ayam yg ada jamur merang ya sutra pake ini aja ) rasa nie nasi gurih mungkin karna santan dan eunak deh , apalagi di temani dengan sambal terasi, ayam goreng , sayur asem plus krupuk kampung wah makyuus and top markotop deh ...hihihi, tapi kl cuman nasi nya jg eunak kok karna didlm nya sdh ada isi nya , gw dulu sering makan nie nasi bakar di daerah Gedung sate ( lupa tmpt nya ) kl lg mau jmpt kakak tiap hari pasti lwt gedung sate jadi sblm sampe sekolah kakak nangkring dulu deh diwarung tenda ...😃😃. Mnrt suami gw nasi bakar ini legit dan eunak dan yang bikin happy karna dia nambah ampe 2 bungkus ...( ky nya laper apa doyan nya,...hihihi) ,nah sekarang qta mulai deh liat resep nya dan mari qta pratekkan ,Yuk teman2 qta mulai aja bikin  Nasi bakar jamur teri ...nie resep nya gw dapat dr ibu fatmah bahalwan ncc  . 



Bahannya untuk nasi : 

3 cup beras ( kurang lbh 500 gram ) cuci bersih trs tiriskan
600 ml santan ( aku pake kara jadi aku campur 400 ml santan kental dgn 200 ml air ) 
1 batang serai , potong 2 trs geprek
2 lembar daun salam
2 sdt garam 
7 siung bawang merah , iris halus 
1 sdt bubuk kaldu rasa ayam
6 sdm minyak goreng 
Daun pisang secukupnya 

Bahan untuk isiannya : 
 
1 kotak jamur merang ( ada di toko Asia grocery , isi nya skitar 250 gram ) , cuci bersih trs suwir2 sisihkan. Ini bisa diganti dgn ayam . 
2  buah cabe merah ( aku buang bijinya biar nggak pedas ) iris serong nya 
2 buah cabe hijau ( aku buang bijinya ) iris serong 
4 siung bawang putih , iris tipis 
3 cabe rawit merah , iris serong 
2 sdt gula putih 
1 sdt kaldu bubuk 
100 ml air 
1 sdt garam 
100- 150 gram teri medan , cuci bersih trs goreng, sisishkan
2 sdm minyak goreng 
1 batang daun bawang, iris kasar 


Caranya : 

1. Untuk membuat nasinya :  tumis bawang merah dengan 6 sdm minyak goreng , tumis sampai harum trs masukkan santan, serai, daun salam, garam , kaldu bubuk masak sampai mendidih setelah itu masukkan beras , masak sampai santan terserap oleh beras dan beras menjadi aron ,angkat . 
Panaskan panci untuk memasak / menanak nasi , nasi aron yang tadi kmdn steam / kukus sampai aron berubah menjadi nasi dan matang setelah itu angkat , sisihkan . 


2. Untuk isiannya : tumis bawang putih dengan 2 sdm minyak goreng sampai harum setelah itu masukkan cabe merah, cabe hijau , cabe rawit aduk rata trs masukkan jamur aduk rata beri air , bubuk kaldu rasa, gula putih, garam , daun bawang , aduk rata trs cicipi rasanya kl sdh pas biarkan tumisan matang sampai air nya kering ,trs masukkan ikan teri  setelah itu matikan kompor , angkat dan sisihkan tumisan . 

3. Penyelesaiannya : ambil 2 lembar daun pisang ( gw pake 2 lembar krn suka sobek ) kmdn ambil nasi yang sdh matang tadi secukupnya ( tadi aku pake sendok buat nasi jd cuman 1 sendok nasi deh ) lalu nasi kita pipihkan ( ky buat bikin lontong deh ) kmdn beri isian sekitar 2 sdm lalu gulung kaya kita membuat lontong setelah itu semat dengan tusuk gigi kedua sisi nya , lakukan sampai semua adonan habis nya , setelah itu nasi siap dibakar sampai daunnya coklat kehitaman. Dan nasi bakar siap tuk disantap dengan ayam goreng, sambel terasi, sayur asem dll . 


Selamat mencoba teman 

Ini isian tuk nasi bakar ( tumisan jamur dan ikan teri ) 
Nah ini nasi bakar yg siap dibakar .. 
Nah ini penyelesaian terakhir nasi bakar komplit 
Kl ini penampakan isi dr nasi bakar .. Yummy serasa makan di Bandung .. 😊 

No comments:

Post a Comment