Monday, December 30, 2013

Resep Bolu Gulung Abon

Kemarin pas liburan gw iseng2 bikin bolu gulung abon ( punya sisa abon dr  indo sdkt lagi dan gw manfaatin aja buat coba bikin bolgu abon ) ternyata rasa enak karna dilapis dengan mayonaise yang dicampur susu kental manis dan bolu yang lembut membelai lidah ( lebay bgt deh gw ..πŸ˜ƒπŸ˜ƒ) awalnya pingin bikin roll bun abon tapi pas liat jumlah abonnya byk bgt jadi urung deh ( kpn 2 gw exsekusi deh resep roll bun abon kl abonnya udh gw bikin ....mslhnya disini nggak ada abon sapi ..) yang lucu cake ini di taburi daun bawang dan cabe merah jadi ada rasa bau daun bawang dan pedas sdkt dr cabe merah nya jd sensasional deh makanny kalau kata syahrini Cetar membahana ...hijhihihi.  
Nie buat para bunda yang pingin coba bikin nie resepnya ( aku liat resep ini dr Bunda Nadhifa ) sebaiknya bikin 1 resep aja krn resep dibawah ini bisa jadi 2 loyang ( kebanyakan mnrt ku , tp kl buat jualan nggak apa2 sih apalagi buat bagi 2 ... Gw pasti dengan senang hati akan menerimanya ..πŸ˜ƒπŸ˜ƒ) 
Bahannya gw nggak rubah2 krn gw lagi males ngerubah jd sesuai asli nya . 


Bolu Gulung Abon 
by Ricke " Bunda Nadhifa " 

Bahannya : 

6 butir telur utuh ( maksud nya putih dan kuning smua dipake ) 
6 butir  telur kuning nya saja  ( jd pemakaian telur smua 12 butir nya ) 
80- 100 gram gula pasir ( gw pake 100 gram krn gula disini tdk terlalu manis ) 
1 sdm emulsifier ( optional kl nggak ada skip aja , aku pake tbm ) 
1 sdm air 
100 gram tepung terigu protein sedang ( aku pake all purpose ) 
20 gram susu bubuk 
1/4 sdt baking powder 
130 gram butter unsalted ( boleh pake 100 gram margarine + 30 gram butter , terserah bunda saja ) cairkan/ lelehkan biarkan dingin ( lbh baik butter lbh dulu di lelehkan biar dingin lbh dulu ) 


Taburannya : 

1 batang daun bawang iris tipis ( kl 2 loyang berarti 2 batang daun bawang nya ) 
1 buah cabe merah iris tipis ( buang biji nya ) 
Wijen secukupnya 

Fillingnya : 

 50 gram mayonaise ( aku sih kira 2 aja ) 
1 sdm makan susu kental manis ( kl aku pake 2-3 sdm makan biar rada manis ..) 
~~~campur kedua bahan ini , sisihkan kl krng bisa ditambah lg dr ukuran yang ini . 
Abon secukupnya 

Caranya : 

1. Ayak teigu, susu bubuk dan baking powder, sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir , elmusifier ( tbm/ sp ) dan air sampai mengembang, putih, kental dan berjejak ( maksud berjejak adonan pas diangkat sdh tdk jatuh lg dan ada jejak 2 nya ) pastikan kocokkan telur sdh kental sempurna agar hasil cake nya maximal . 
3. Masukkan campuran tepung terigu ( susu dan baking powder ) masukkan sedikit2 sambil dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah ( gw pake speed 2 ) atau diaduk dengan spatula dengan tehnik aduk balik , aduk rata hingga bagian pinggiran baskom ( bowl ) , matikan mixer. 
4. Kmdn masukkan margarine + butter cair sedikit2 sambil diaduk rata dengan tehnik aduk balik hingga benar2 rata jgn sampai ada butter yang mengendap dibawah . 
5. Panaskan oven 200 C. ( gw kmrn 400 F ) siapkan 2 loyang ( jika pake sesuai resep ini akan dihasilkan tuk 2 loyang ) ukuran 28*28*3 cm ( kl gw pake yang kira 2 panjang aja deh lupa nggak diukur ) alasi loyang dengan kertas roti olesin dengan butter / minyak seluruh kerta roti . 
6.setelah itu tuang adonan kedlm loyang , ratakan permukaannya kmdn taburi dengan daun bawang, cabe merah dan wijen . 
7. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sdh tdk lengkat bila disentuh ( hati2 over bake krn nanti kue bakal retak2 pas digulung kalau over bake ) panggang slama 15- 20 mnt ( kenali oven masing 2 nya , aku kmrn hanya 15 mnt ) . Angkat cake dan keluarkan dr oven 8. Keluarkan cake dai loyang dengan membalikkan keatas kertas roti , kelupas kertas roti yg menempel pada cake , balikkan kembali pada rak kawat ( wadah lain nya ) biarkan hingga dingin. Setelah dingin balikkan lagi pada kertas roti yang baru tuk menggulung nya lalu beri filling / olesan mayonaise yang sdh dicampur susu lalu taburi dengan abon sampai merata ( sisakan pinggir2 tuk tdk dioles sekitar 2 cm agar filling tdk keluar pada saat digulung ) .
Gulung cake dengan bantuan kertas roti sambil dipadatkan, trs kencangkan gulungan agar bulat sempurna biarkan tergulung beberapa saat , seterusnya buka glungan perlahan2 dari kertas rotinya stelah itu potong2 sesuai selera . 

Slamat mencoba para bunda . 
Nah spt ini kental berjejak 
Nah ini hasil akhir bolgu tunggu dingin 
Eng ing eng hasil potongan spy cantik fi foto nya 😊, tinggal potong2 lg sesuai selera . 

No comments:

Post a Comment