Wednesday, December 25, 2013

Resep Churros

Pertama kali kenal ini makanan waktu lagi di Orlando , karna waktu itu nunggu antrian mau masuk satu area tapi krn antriannya super duper panjang nya dan perut udh laper banget , akhirnya pas kebenaran bgt dpn antrian ada nie tukang churros ( c bungsu ama kakaknya bilang enak lho mah cemilan ini , ternyata anak2 gw lbh tahu duluan ama jenis cemilan ini , berarti emaknya ketinggalan info ...hihihi) akhirnya beli deh beberapa buah dan ternyata emang enak , mungkin karna laper jg jd enak aja makanan apapun , dan mnrt gw emang enak karna rasa gula halus yang dicampur dengan bubuk cinnamon ( kayu manis bubuk ) nah pas lg makan nie cemilan emaknya yang suka bgt ama hal yang baru kepikiran buat kapan2 bikin nie cemilan ( sambil mikir apa nya formulanya , kudu hunting mbah google deh ..😃😃) dan akhirnya hari ini baru deh kesampaian bikin nie cemilan ternyata tdk sulit saudara 2 malah guampang karna nggak byk makan waktu dlm prosesnya hanya lama menunggu pas masuk freezer aja , pas bgt lg kmrn ke Jc Penny gw  nemuin spluit yang ukuran cocok buat bikin nie cemilan ( suami gw suka nyengir aja kl istrinya udh berburu barang2 tuk baking or kitchen ) gw bisa lupa daratan kl liat peralatan 2 baking or kitchen apalagi kl yg imut 2 dan ada segi keunikannya wah bisa lgs kalaf tuk beli ...hihihihi, maklum emak2 rempong hobby gw ngumpulin pernik2 lucu tuk dapur or apapun yg mnrt gw antik dan punya keunikan sendiri . Eh kok jd ngelantur yuk deh qta mulai aja bikin nie cemilan sapa tahu teman2 ada yang pingin bikin dan penasaran pingin bisa bikin ky gw yang slalu penasaran ama kue2 .... Resep nya gw liat di blog nya just and Try ( makasih mba atas share resep nya ) 

Bahannya : 

250 ml susu cair ( boleh pake air biasa jg , gw biar lbh gurih aja ) 
114 gram butter / mentega  ( kebetulan gw pake blue band  lg punya ) 
1/2 sdt garam 
4 butir telur 
180 gram tepung terigu protein tinggi ( gw pake all purpose / tepung serba guna ) 
Minyak goreng 

Caranya : 

1. Campur susu, butter dan garam masak dengan api besar setelah mendidih kecilkan api, aduk 2 sampai butter sudah benar2 cair , matikan kompor lalu masukkan tepung aduk cepat dengan sendok kayu , lalu masak kembali dengan api kecil aduk2 sampai kalis dan adonan sdh tdk lengket di panci trs matikan api , angkat adonan . 

2. Setelah adonan diangkat masukkan ke dlm mixer kmdn mixer sampai uap panas nya hilang ( tujuan nya agar air didlm adonan terlepas ) pegang dengan jari kira2 adonan sdh tdk panas lg kmdn masukkan telur satu persatu dengan mixer kecepatan rendah ( aku td speednya 4-5 ) maksud telur dimasukkan satu 2 agar telur tercampur rata dulu, lakukan sampai telur habis, setelah itu akan didapat adonan yang kental atau lengket dan licin , matikan mixer . Setelah itu masukkan adonan kedlm plastik segitiga dengan spuilt bintang , lalu dorong adonan ( bentuk terserah anda , gw tadi bentuk lurus sama lingkaran aja yg gampang ) ke dlm loyang yg sdh dialasi kertas roti dan ditaburi tepung terigu sedikit lakukan sampai adonan hbs .setelah itu masukkan adonan yang sdh dicetak kedlm freezer selama 2 jam . Keluarkan adonan pada saat akan di goreng . 
3. Panaskan minyak dlm wajan ( minyak hrs byk biar adonan churros terendam ) masukkan adonan churros ke dlm minyak panas , goreng sampai kuning keemasan , lalu angkat dan churos siap tuk disajikan dengan taburan gula halus dan bubuk kayu manis serta ditemani teh hangat. 


Note : pada saat memasukkan telur, adonan hrs sdh dlm keadaan hangat2 kuku nya spy telur tdk matang ( kl adonan msh panas bisa2 telur akan matang pada saat dimasukkan )



Nah ini step by step nya 


Nah ini adonan pd saat dimixer dan dibeti telur 
Nah ini hasil akhir nya adonan menjadi lengket 
Spuilt bintang dan plastik segitiga 
Ini churros yang baru dibentuk dan akan msk freezer 
Ini churros yg baru keluar dr freezer 

Ini hasil akhir churros setelah di goreng dan ditaburi gula halus dan bubuk cinnamon . 

No comments:

Post a Comment