Sunday, December 15, 2013

Resep Hakau Udang

Weekend ini gw pingin masak chinese food , tadi nya gw mau masak Dim sum ceker ayam , bakpao dll tapi kok males bgt nya akhir nya gw putuskan tuk bikin hakau udang aja kapan2 bikin dimsum ceker ayam , kotie dan bakpao serta siomay pasti asyik banget serasa  makan di resto chinese yang ada di bandung waktu itu ( favorit banget deh ama tuh makanan disitu soalnya pas bgt ama lidah gw ..hihi) . Hari cukup gw bikin hakau udang aja , ternyata bikin nya gampang banget deh ( gw pikir susah ternyata easy ...hihihi) udah lama jg pingin bikin nie cemilan tapi slalu bentrok ama rasa muales yang super duper tinggi ( maklum emak2 masaknya kl lg mood nya bagus aja πŸ˜ƒ) kl lg males cukup telur ceplok, dadar, abon dan krupuk ( cius ngirit bgt nya kl makan nya kaya ini ...hihihi, emaknya pelit bgt deh ) hakau ini enaknya dimakan selagi panas trs dicocolin saus sambal wah asyik bgt bisa lupa ama org disekeliling nya deh ( lebay bgt ...πŸ˜ƒ) kalau dulu gw suka jajan versi murmer makanan komplit dim sum ini disekolah Kakak rizka , enak sambil nongkrong nungguin yang bubar sekolah jajan deh cemilan ini atau jajan lomie ( lomie nya lumayan enak tapi lbh enak yang di imam bonjol itu enak bgt lomie nya ) seperti nya zaman gw di Indonesia lbh byk ngider cari2 kulineran deh, pas udah pindah kulinerannya ganti di dapur gw deh...hihihi habis mau ngider kagak ada tmpt ngider yang jualan kuliner ....πŸ˜ƒπŸ˜ƒkaya nya gw kebanyakan cerita baik deh gw mulai aja nulis resep dan caranya pasti pada penasaran ( ...GR dot com bgt ..) ....yuk mari qta mulai , gw dapat nie resep hasil google dan gw rubah sdkt sesuai bahan yang ada . 

Bahan nya 


Bahan isi :  
300 gram udang ( gw pake udang yang udah dikupas aja , praktis soalnya ) 
1 sdm tapioka 
1 sdm minyak wijen ( sesame oil )
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam ( chicken powder ) 
Garam secukup nya 
2 lembar jamur kering ( aku rendam trs aku iris kecil2 ) , ini aku beli di asia grocery kl nggak ada bisa diskip ini hanya aku aja biar keliatan cantik dlm nya ...πŸ˜ƒ


Untuk membuat kulitnya : 

150 gram tepung tang mien ( ini ada di Asia grocery or sering disebut wheat strach) 
50 gram tepung tapioka / sagu 
250 ml air mendidih ( 300 ml air aku rebus dan didapat 250 ml ) 
1sdt garam 
1 sdt gula 
1/2 sdt merica bubuk 
2 sdm minyak goreng 



Cara untuk isi : 
Campur semua bahan ( udang, tepung tapioka, garam , kaldu bubuk, minyak wijen dan jamur kering ) aduk rata , sisihkan . 

Cara membuat kulit nya : 

1. Campur tepung tangmien dengan tapioka lalu beri garam , merica dan gula lalu aduk rata ( aku ngaduk nya pake sumpit , bisa jg pake spatula ) lalu beri air mendidih aduk2 sampai menjadi berbutir2 setelah  itu beri minyak goreng aduk lagi , biarkan dingin . ( waktu di dinginnkan tutup adonan dengan serbet basah agar adonan kulit tdk kering ) 

2. Setelah dingin bulat kan adonan ( biar gampang aja aku bikin sebesar bola tenis ) lalu aku giling dengan menggunakan pin rol , giling sampai tipis setiap bulatan lalu cetak dengan cutter yang berbentuk bulat ( ukuran sedang , gw nggak tahu tadi brp cm tuh lingkarannya ) lakukan sampai adonan kulit habis, lalu ambil 1 lembar kulit kmdn  beri 1 sdm isian lalu lipat kedua sisinya kmdn bentuk rampel ( bentuk nya jd ky pastel gitu deh tapi rada di kembungkan ) lakukan sampai adonan habis . 

3. Panaskan kukusan setelah banyak uapnya lalu masukkan hakau kedlm kukusan dan kukus selama 10 menit ( hasil hakau nya akan menjadi bening ) kukus semua hakau  or sebagian2 . Setlah matang angkat dan sajikan hakau dengan saos sambal . 


Adonan ini menghasilkan 20 buah hakau udang 


Selamat mencoba 

Nah ini tepung tangmien 
Nah tadi aku pake cutter ukuran ini 


Nah seperti ini bentuk hakau udang yg blm dikukus dan siap tuk dikukus 
Nah ini hakau udang yg sdh di kukus 

No comments:

Post a Comment