Saturday, December 14, 2013

Resep kembang goyang manis or Saroja

Kemarin gw nggak sengaja main ke toko Habitat , ternyata disana lg byk barang2 atau perabot2 kue yg baru , sempet tergiur jg buat beli sesuatu ( pinginnya beli semua 😃😃 , hbs lucu2 bgt apalagi gw nemuain piring2 made in Alaska yg motif nya lucu dan unik bgt ) pas lg keliling 2 liat tuh perabotan nggak sengaja mata gw liat cetakan kue  waffel , tapi gw liat2 nie cetakan  bisa dipake buat bikin kembang goyang ( pikiran gw aja pdhl sbnrnya buat bikin kue waffel...hihihi) akhirnya gw beli 1 deh tuh cetakan ( nekat aja beli dan bakal gw coba tuk bikin cemilan kembang goyang ...hihihihi) , setelah sampai rumah gw baca petunjuk tuh cetakan dan cara memakai nya ternyata nggak beda jauh sama pembuatan kembang goyang jd nggak salah 2 banget gw beli  nie cetakan ...hihihi, walau sebenarnya cetakannya dalam bentuk yang lucu 2 ( bentuk peri, pohon natal , snow flakes, dan bintang ) tinggal ntar gw kreasikan sendiri deh . Kebetulan gw memang lagi kangen cemilan kembang goyang dan pas banget gw dapat tuh cetakan ...hihihi ( ternyata feeling gw buat main ke habitat nggak sengaja tuh malah menguntungkan..😃) ternyata pas gw coba cetakan nya wah benar2 bagus deh dan cocok banget buat bikin kembang goyang ini , cemilan ini kalau di jawa barat namanya seroja tapi kl di betawi yang gw kenal namanya kembang goyang ( mungkin karna buat nya digoyang2 dan berbentuk bunga jd disebut itu kali nya ...mnrt prakiraan gw sih . ) rasa cemilan ini manis dan renyah bgt deh , ampe nggak berenti makannya saking enak nya ( gr sendiri ) kapan2 gw mau bikin yg versi asin ah . Yuk siapa yg mau coba nie cemilan silahkan liat resep ini ( aku dpt resep nya dr mba Diah musfiroh ) tapi sdkt aku ubah mnrt versi aku . 


Bahannya : 

250 gram tepung terigu all purpose ( terigu protein sedang ) 
250 gram tepung tapioka 
400 ml air 
Garam secukupnya 
5 sdm air jahe (  jahe aku parut lalu aku beri air secukupnya  lalu aku peras tuk didapat air jahenya) 
200 gram gula putih 
4 butir telur ( biar renyah ) 
4 lembar daun jeruk , iris halus 
Caranya : 

1. Mixer telur, garam dan gula sampai gula larut dengan speed sedang aja . ( aku pake speed 4 ) 
2. Setelah gula larut kmdn masukkan tepung terigu  ( campur terigu dan tapioka ) yang sudah dicampur dengan tapioka sedikit2 bergantian dengan air sambil msh di mixer dengan speed rendah ( aku pake 2 ) lakukakn sampai tepung dan air habis, setelah itu matikan mixer , lalu masukkan air jahe kmdn aduk rata , terakhir masukkan daun jeruk aduk rata kembali . 
3. Panaskan minyak sampai suhu 360 F dengan api tinggi , setelah didapat suhu 360 F , kecilkan api kmdn  masukkan cetakan kedlm minyak panas biarkan cetakan panas ( maksud cetakan dimasukkan kedlm minyak panas agar pas dicelup ke adonan dan digoreng , adonan bisa terlepas dr cetakan dgn mudah ) 
4. Setelah cetakan panas baru cetakan masukkan kedlm adonan ( cetakan jgn dicelupkan semua kedlm adonan tp cukup sampai garis2 nya saja krn kl sampai penuh mencelupnya adonan tdk akan terlepas dr cetakan malah lengket ) setelah adonan terlepas  biarkan kembang goyang tsb matang dlm warna kuning keemasan lalu angkat ( hati2 dlm menggoreng krn rasa manis cpt membuat adonan gosong ) lakukan trs sampai adonan abis , dan simpan kembang goyang dalam wadah tertutup rapat . 


Selamat mencoba . 

Note : setiap hbs mencetak adonan dan adonan sdh terlepas dr cetakannya , biarkan cetakan tetap terendam minyak kira2 dua menit baru celupkan kembali ke dlm adonan . Begitu seterusnya . 

Nah ini hasil dr uji coba ku hari ini kembang goyang manis 
Nah ini cetakan nya . 

No comments:

Post a Comment