Sunday, December 15, 2013

Resep Shrimp Ball ala Hokben

Emang nya kalau lagi cuaca dingin gini enaknya makan yang hangat 2 kali ini gw mau terbang bikin makanan ala Jepang yang sering ada di resto hokben , dulu kalau ke hokben tuh selain makan teriyaki beef pasti pesan shrimp ball ini rasa nya yang unik dan ada rasa minyak wijen, kecap asin dan gurih kuah nya dan di padu pandan dengan shrimp ball nya yang ditaburi dengan daun bawang , makyus deh . Suamiku paling favorit banget ama nie sup sama slera nya sama gw .. ( sehati hihihi) . Nah kali in gw mau bikin nie sup karna kalau bikin bakso, mie kocok , soto bosen jg jadi sekarang beralih dulu ke negara jepang dan mencoba membuat shrimp ball ala hokben ,bikinnya gampang dan bahannya aku sesuaikan aja dengan yang ada di rmh ( males keluar kl hrs cari bahan yang lain ) . Yuk ah qta mulai aja dengan menulis resep dan bahannya : 


Bahan tuk shrimp ball nya : 

300 gram daging ayam cincang ( gw punya dada ayam jd gw choped  aja deh ) 
100 gram udang kupas , kmdn beri 1/4 sdt soda kue diamkan selama 10 mnt lalu keringkan dengan tisue sampai kering setelah  itu di  cincang ( gw tadi di pake choped aja deh ) 
1 buah wortel parut halus lalu peras buang airnya 
2 lembar jamur kering , rendam  dengan air panas lalu iris halus
1 batang daun bawang iris halus 

Bumbu tuk  shrimp ballnya : 

1 sdm Ang siu ( krn nggak halal jd gw bikin dari 1 buah jeruk nipis aku campur dengan 2 sdm kecap asin ) 
1sdt  minyak wijen ( sesame oil ) 
1 sdm kecap asin ( aku pake seasoning dari maggi ) 
1 sdt garam 
50 ml putih telur ( kira kira dr 2 butir telur ) 
1 sdt kaldu bubuk rasa ayam ( optional ) 
2 sdt gula putih 
3 sdm tepung maizena or tepung corn strach 
1/2 sdt merica bubuk 

Cara membuat shrimp ball nya : 

1. udang yang sdh dicincang beri garam, angsiu dan maizena aduk rata sampai udang terasa kenyal lalu masukkan ayam cincang dan sisa bumbu ( minyak wijen, merica, kaldu bubuk, gula putih dan kecap asin ) aduk rata lalu beri putih telur kmdn blender sampai halus krng lbh 2-3 mnt deh . 

2. Setelah diblender simpan adonan dlm bowl lalu masukkan parutan wortel , cincangan jamur kering dan daun bawang lalu aduk rata setelah itu bentuk bulat 2 ( kl aku dimasukkan kedlm cetakan talam dan aku isi 1/3 nya , cetakan talam olesi dengan minyak goreng nya ) , lakukakn sampai adonan habis 

3. Kemudian panaskan kukusan stelah byk uapnya baru masukkan adonan yang sdh disimpan dlm cetakan kukus slama 20 menit , ( kl nggak punya cetakan cukup dibulat kan saja spt bakso kmdn kukus ) sampai matang setelah matang , angkat sisihkan . 

 Cara membuat kuah nya 

Bahannya : 

Tulang ayam ( kl nggak ada bisa pake 3 buah chicken wing ) 
 5 sdm  minyak ayam ( kl nggak ada pake minyak goreng aja )  
2 sdm angsiu ( aku pake cairan yang tadi aku buat spt diatas ) 
1 sdt minyak wijen 
2 sdt gula 
1 sdt garam 
1 sdm kecap asin ( seasoning maggi tadi aku pake nya ) 
 2 sdt kaldu bubuk rasa ayam 
2 lt air tuk merebus 
2 batang daun bawang tuk taburan 
3 siung bawang putih aku iris trs aku goreng 

Cara membuat kuahnya : 

1. rebus tulang ayam / chicken wing ( kl tdk ada tulang nya ) dengan 2 lt sampai mendidih , kl terdapat buih2 kotornya saring aja trs buang ( aku tadi pake saringan kecil aku angkat kotoran nya lalu aku buang ) lalu kecilkan api biarkan kuah sampai mengeluarkan sari2 / kaldu dari tulang nya . 

2. Panaskan minyak ayam ( minyak goreng ) beri angsiu, kecap asin, minyak wijen sampai mendidih setelah itu matikan kompor dan tutup wajan selama 5 mnt . 

3. Setelah itu masukkan cairan yang nomer 2 tadi kedlm kuah kaldu biarkan sampai mendidih dan masukkan sisa bumbu  lainnya ( garam, kaldu ayam, bawang putih goreng ) cicipi rasa nya kl sdh pas matikan kompor kl kurang pas tinggal ditambah kan bumbu saja sesuai slera , kmdn masukkan shrimp ball kedlm kuah kaldu dan taburi dengan irisan daun bawang . Sup shrimp ball siap dinikmati. 



Selamat mencoba nya . 



Nah ini shrimp ball ala hokben 

1 comment: