Thursday, August 1, 2013

Resep Agar agar ceria

IKenapa disebut ceria krn warna nya yg ceria mau bilang Pelangi tapi kok nggak komplit warna nya...hihihi, kmrn lg membersihkan isi lemari eh ternyata msh punya agar2 beberapa bungkus bingung jg nie agar2 mau dibikin apa gitu kl dibikin puding bosen , akhir nya pas nggak sengaja liat majalah kebetulan liat warna2 pelangi akhir nya terinspirasi deh buat bikin agar2 Ceria ini, bikin nya gampang kok cuman satu aja pas mau melapis itu yg diperlukan kesabaran level tinggi ... Hihihi apalagi kl udh gatot wah kacau bgt jadi nya, ini jg gw baru pertama bikin rada2 sdkt gatot tapi not bad bgt deh dan rasa nya mnrt gw bercampur antara puding dengan agar 2 biasa cuman agak sdkt keras tapi enak jd krenyes2... Hihihi. Yuk qta liat resep nya kl temen2 mau bikin . 


Bahan tuk agar2 santan n ya ( versi A ) 

 1liter santan ( aku pake santan instan 400 ml dicampur dengan air 600 ml) 
 12,5 ml bubuk agar 2 ( krn agar2 ku isi nya 25 gr jd aku bagi 2 aja ) 
  1/2 cup gula putih 
 Garam sejumput 

Tuk bahan B 

12, 5 ml bubuk agar2 ( kl pake swallow globe 1 bks aja ) 
1000 ml air 
Gula putih 1/2 cup ( bisa lbh kl ingin manis ) 
3 lembar daun pandan 

Sebaiknya gunakan 2 panci tuk merebus agar2 biar bareng mateng nya. 
Pewarna makanan aku pake warna hijau, purple ( ungu) , kuning, pink dan merah
Caranya : 

1. Campur semua bahan pada versi A, kmdn rebus sampai mendidih sebentar jgn lupa diaduk krn santan takut pecah, kecilkan kompor biarkan agar2 diatas kompor spy tdk membeku pas waktu proses pelapisan. 

2. Campur jg bahan tuk versi  B , kmdn rebus biarkan sampai mendidih lalu biar kan diatas kompor dgn api yg kecil saja . 

3. Ambil cetakan aku kmrn pake pyrex saja kmdn ambil cairan agar2 versi A sekitar 250 ml beri warna( tergantung selera saja ) spy sdkt mengeras aku kmrn cairan yg dicetakan aku kipas anginin, versiku cairan sdh rada mengeras tanda nya kl qta jentik telunjuk qta diadonan dan adonan sdh tdk terangkat pd telunjuk berarti agar2 sdh sdkt mengeras,   baru kmdn qta lapis dengan bahan versi B ambil jg sekitar 250 ml lalu beri warna tuk melapis diatas adonan versi A  aku pake sendok makan dan pelan aku bajur diatas spy adonan bwh tdk pecah. Lakukan ini sampai adonan hbs. 

4. Setelah selesai biarkan agar2 mengeras dan masukkan kedlm lemari pendingin lbh enak dimakan pada saat dingin. Selamat mencoba . 


Note: spy agar2 cepat membeku dan dingin saat pelapisan aku menggunakan kipas angin dan air es yg aku simpan dibawah cetakan. 
Adonan pada saat mau dilapis jgn terlalu keras krn bakal tdk menyatu dengan lapisan2 yg lain nya cukup setengah keras saja. 






No comments:

Post a Comment