Saturday, August 31, 2013

Resep Martabak manis terang bulan

Weekend gini didukung udara yang mendung enaknya gw nguprek di dapur bikin Martabak Manis Terang Bulan, kebetulan pingin coba resep nya Bunda Nadhifa yg keliatan mudah dan anti gagal  , ternyata setelah gw coba memang tdk gagal and sukses bgt dari rasa dan aksesoris yang gw taburi byk, gw bikin 2 macam rasa yaitu : coklat, keju, kacang sama kacang keju tadinya mau gw campur sama wijen tapi wijen nya habiiiis jd sutra deh itu aja. Pori2 nya keluar bgs dan lembut . Yuk yang  mau coba nie resep silahkan. :

Bahannya : 

250 gr tepung terigu all purpose
400 ml liter air ( aku pake susu cair dgn suhu ruang )
30 gr gula putih
2 butir telur ( aku pake kuning nya aja) 
1 sdt baking powder ( aku pake BPDA) 
1/2 sdt garam 

Bahan tambahan per loyang 
1/4 tsp soda kue
1 sdm air
Gula pasir tuk taburan
Isi nya

Meises
Susu kental manis
Kacang tanah digoreng lalu di chop
Keju
 Mentega/ butter ( aku pake blueband dan wisjman ) 

Caranya : 

1. Campur tepung terigu dengan baking powder lalu ayak . Sisihkan
2. Kocok telur , gula, garam dengan mixer kecepatan sedang sampai gula larut. 
3. Setelah gula larut masukkan susu lalu aduk pake spatula sampai rata. Msh dlm mixer. 
4. Setelah itu masukkan terigu yg sdh dicampur baking powder lalu kocok dengan mixer sampai tepung  halus dan tdk bergerindil. Lalu saring. 
5. Kmdn adonan diamkan selama 1 jam or lbh, setelah itu bagi adonan menjadi 2 sama rata. ( aku pske 2 bowl ) 
6. Setelah adonan 1 jam kmdn panaskan cetakan ( aku pake iron cast) setelah cetakan panas kecilkan api   10 mnt agar panas merata bagus. 
7. Sebelum adonan dimasukkan kedlm cetakan beri soda kue yg sdh dicampur 1 sdm air lalu aduk cepat baru masukkan adonan kedlm cetakan. 
8. Kmdn sdkt besarkan api dan adonan akan terlihat gelembung2 or pori nya akan keluar, setelah semua pori keluar dan adonan sdh tdk becek beri taburan gula kmdn tutup dan lihat kl gula sdh mencair matikan api lalu angkat martabak kmdn potong 2 dan beri olesan butter, susu kental manis, meises, kacang tanah tumbuk, terakhir keju lalu lipat dan potong sesuai selera. Selamat mencoba. 

Ini Martabak manis tabur coklat meises, kacang dan keju






Martabak manis tabur keju dan kacang, 

1 comment:

  1. Nice Info.

    Kalo boleh ngasih masukan, baiknya gak pake ragi instan. Cukup soda kue saja. Kalau pake ragi instan penampakannya jadi kaya bolu dan terasa agak asam.

    Tukang martabak tidak pake ragi hanya soda kue saja. Tapi kalau tidak pakai ragi memang perlu teknik yang agak rumit perlu ada yang ngajarin langsung.

    Kalau mau belajar bikin martabak saya siap membantu. Cukup beli loyang martabak saja Rp 265.000,- (loyang standar tukang martabak) Nanti kita ajarin langsung sekalian delivery order loyangnnya.

    Yang mau belajar konfirmasi melalui sms aja ke no 0877-89-2222-09 (khusus untuk wilayah JABODETABEK) kalau luar kota kejauahan.

    ReplyDelete