Tuesday, August 6, 2013

Resep Spring Roll ala Vietnam

Makanan ini paling favorit kl lg jajan di Pho Vietnam habis segar nya sayuran yg di mix dengan udang, ayam , bihun dll dan saus yg bener2 yummy, jadi sehat deh kl makan nie spring roll karna tanpa di goreng, ternyata suamiku dan anak yg kecil ku suka sama spring roll buatan aku , pdhl kl beli di resto kagak disentuh, wah senang nya kl liat mereka suka, cape ku jg hilang. Nah buat teman2 yg pingin bikin ini resep nya : 
Ini bahan nya aku kira2 aja jd terserah kalian mau bikin seberapa byk. 

Bahannya : 

Kulit lumpia ( rice paper ) produk vietnam ( aku pake cuma 4 lembar aja krn bikin nya emang sdkt aja) 
Ketimun dipotong setipis mungkin mungkin sekitar 2 cm dengan pjng 10 cm ( uk. Suka2 kalian ) 
Daun selada beberapa lembar ( ini aku potong kecil2 ) biar nggak lebar bgt 
Bihun secukupnya ( aku rebus dl lalu saring ) 
Ayam filet dada nya aja sekitar 2 ons ( rebus ) lalu iris tipis, kaldu nya jgn dibuang tuk membuat saus . 
Udang beberapa bersihkan belah dua lalu rebus

Saus nya : 

5 sdm hoisin sauce 
1 sdm garlic minced ( bawang putih cincang ) 
2 sdm gula putih ( bisa dikurangi ) 
Air kaldu sisa rebusan ayam 
1 sdm munjung peanut butter ( selai kacang ) 

Toppingnya

Kacang tanah goreng lalu tumbuk


cara membuat sauce nya :?

Tumis garlic dengan 2 sdm minyak goreng lalu masukkan hoisin sauce, aduk rata kmdn masukkan peanut butter aduk kembali beri air kaldu sekitar 100 ml lalu aduk2 sampai kental terakhr masukkan gula aduk sebentar lalu angkat. Saus siap disantap. 


Penyajian nya : 

1. Kulit lumpia rendam dengan air hangat sebentar saja ( jgn terlalu lama karna akan lembek bgt jd tdk bisa dipake nantinya) 

2. Setelah kulit lumpia lembut lalu susun sayuran : selada, ketimun , bihun, ayam ( dipinggir nya) lalu udang di pinggir ayam kmdn gulung . Spring roll siap disantap dengan saus nya. Selamat mencoba kpn 2 aku foto cara nya . 

Nah ini aku kasih tahu kulit lumpia dan hoisin sauce




No comments:

Post a Comment