Thursday, August 29, 2013

Resep Selat Solo

Bikin ini makanan sebenar nya krn penasaran aja, apalagi gw blm pernah coba nie makanan jd rasa nya pun gw kagak tahu tapi kl liat di google kayanya eunak banget selintas seperti semur tapi konon katanya nie makanan sebenar nya ada unsur Belanda nya mungkin dulu orang belanda suka bikin nie makanan ( masa penjajahan ) terus di modifikasi oleh qta dimana citra rasa nya ada manis, asam dan sangat segar ( krn pemakaian asam dan tomat ), pokoknya nie makanan setelah gw uji di dapur ternyata emang eunak bgt, anak2 ku ampe suka apalagi suami ( mungkin cocok kali sama rasa jawa nya ... Hihihi) resep nya aku ambil dari Dapur Griya Khayangan , makasih mba udh share resep nya. Ini buat temen2 yang pingin bikin silahkan ..... Dijamin rasa nya makyus. Ini makanan terkenal di Solo, kapan 2 kl Pulkam mampirbke Solo dan gw akan cobain rasa asli nya nie makanan. Kebanyakan nulis gw yuk qta mulai aja ..... Ada beberapa yg aku modif bumbu nya


Bahannya : 

600 gr beef roast, aku potong tipis2 ( sekitar 2cm ) 
1500 liter air
 Minyak secukupnya untuk menumis

Bumbu halus 
1 sdt merica biji or bulat 
1 sdt pala bubuk
4  bawang merah ( krn ukuran nya besar jd aku pake 4 saja ) 
5 bawang putih
3 kemiri 
1 cm jahe

Bumbu yang tdk dihaluskan / di cemplung saja : 

1/2 bawang bombay ( uk. Nya besar jd aku pake 1/2 ) iris kasar
5 butir cengkeh 
2 buah tomat potong jd 4 ( kl tomat nya besar potong jadi 8 ) 
50 gram gula merah
2 sdm gula putih ( 1 1/2 sdm sesuai selera saja) 
75 ml kecap manis
2 sdm air asam 
Garam secukup nya
1 kaldu blok rasa daging sapi ( optional ) 

Mayones Jawa 

1 siung bawang putih
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt merica bubuk
1 butir kentang rebus ( potong bagi 4 ) 
2 kuning telur rebus
1 sdt mustard
1/2 sdm butter / margare cairkan
1 sdm air jeruk lemon
2 sdm susu cair hangat ( aku hangatkan di mikrowave) 
 
Caranya membuat mayones jawa : 
1. Haluskan bawang putih, garam, gula dan merica lalu simpan di bowl 
2. Kentang yg sdh direbus dan msh dlm keadaan panas haluskan, telur yg sdh direbus ambil kuning nya lalu haluskan hingga bener2 halus kentang dan kuning telur campur dengan bahan 1 yg di bowl. 
3. Setelah bahan 1 dan 2 dicampur lalu beri mustard, susu cair yg hangat, butter cair, dan air jeruk lemon, aduk hingga halus dan rata, kmdn cicipi rasanya sesuaikan dengan  taste qta. 


Pelengkap nya : 

Wortel potong2 sepanjang 5 cm  memanjang,rebus. Sisihkan
Buncis bagi 2, rebus sisihkan
Kentang goreng , aku pake yg udh jadi trs aku oven 
Ketimun potong memajang
Telur rebus  ( aku pake 2 trs aku bagi 2, sesuaikan dgn kebutuhan saja ) 
Keripik kentang ( aku pake lay, males bikin nya jd yg udh jd aja ) 
Mayones jawa or mayones siap beli ( tapi paling enak pake mayones jawa jd ada sensasi rasa nya.. Hihi) 

Cara membuat Selad daging nya : 

1. Tumis bumbu yang dihaluskan dan bawang bombay dengan 3 sdm minyak goreng , masak hingga matang, kmdn masukkan daging yang sdh diiris tutup wajan biarkan sampai daging berubah warna dan keluar  air nya. 
2. Sebelum menumis qta ambil panci  isi dengan air ( 1500 ml air ) kmdn biarkan air sampai mendidih. 
 ( lakukan  ini berbarengan pada saat mau menumis, qta jg siapkan panci tuk merebus air ) 
3. Setelah daging mengeluarkan cairan kemudian masukkan kedalam panci yang air nya sudah mendidih tadi lalu masukkan cengkeh, tomat, gula merah, kecap, gula, air asam, dan garam secukup nya, beri 1 kaldu blok rasa daging sapi. 
4. Masak hingga daging empuk dan bumbu meresap ke daging dan kuah menjadi coklat, cicipi dan sesuaikan dengan selera qta, setelah matang dan rasa sdh pas matikan kompor. 


Penyajiaannya : 

Ambil mangkok yg rada ceper lalu susun kentang goreng, ketimun, wortel , buncis, telur rebus , kmdn ditengahnya beri daging ( selad nya) kmdn banjur dengan kuah nya dan beri mayones jawa ( mayonesnya aku simpan dlm telur putih nya yg tadi diambil kuning nya ) kl mau liat susunan nya liat di foto saja . Slamat mencoba





No comments:

Post a Comment