Sunday, August 18, 2013

Resep membuat Saus Thai Ikan Tilapia Goreng

Penasaran dengan rasa saus ikan yg suka aku beli di resto Vietnam, rasa saus nya itu enak kl di cocol dengan ikan goreng tilapia ( mujair) goreng ada rasa asem, wangi daun ketumbar dan sdkt rasa manis, cari2 di mbah google nggak ketemu yang sesuai dengan bayangan aku, akhir nya aku mencoba merancik sendiri deh dengan taste yg aku inget2 aja , arti nya nie saus ilmu reka2 tp ternyata saus hasil mengarang ini bener2 mendekati dengan rasa saus yg diresto tsb, wah lumayan bisa ngirit nie... Hihihihi. Bagi teman2 yg mau coba silahkan ini resep nya : 

Bahan nya : 

3 siung bawang putih aku chop
5 biji cabe rawit merah aku potong kecil2 
1 ibu jari jahe iris halus spt korek api ( aku pake yg udh jadi 2 sdm ) 
50 ml kecap ikan ( fish sauce) 
Air 50 ml
2 buah jeruk lemon ambil air nya
2 sdm gula putih ( kl ingin manis tambahkan saja sesuai selera ) 
1 sdm tepung maizena  campur dengan air tuk pengental nya 
3 buah tomat cerry or tomat biasa potong kecil2 
Daun ketumbar secukupnya . 

Caranya : 
Tumis bawang putih dengan 2 sdm minyak aduk rata sampai wangi lalu masukkan kecap ikan, air, perasan jeruk lemon, aduk biarkan rada mendidih setelah itu masukkan jahe, cabe rawit, tomat cherry, gula, aduk kembali kmdn cicipi setelah taste sdh Pas , beri larutan cairan maizena lalu aduk ( jgn terlalu kental secukupnya saja ) kmdn angkat, terakhir taburi dengan daun ketumbar. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment