Saturday, August 31, 2013

Resep Ayam Bakar Bumbu Bacem khas Yogya

Menu bacem ini merupakan favorit suami ( mungkin karna org yogya kali nya... Hihihi) , pasti kl sdh disediakan bacem tahu, tempe bisa lahap bgt makan nya dan dikasih sambel kecap wah makin lahap...entah lapar or doyan ....hihih, kebetulan hari ini long weekend jadi aku sebagai istri yang baik hati ( hihihihi) ingin memasak menu favorit nya suami tapi tahu dan tempe aku ganti dengan Bacem Ayam saja hbs kmrn baru aja bikin bacem tahu jadi skrng ganti bahan nya ...ayam bacem ini eunak krn tdk terlalu manis dan bumbu nya sangat meresap trs ayam nya dibakar tdk aku goreng jadi rasa nya makin Siiip apalagi di olesi dengan blueband wah tambah makyus deh ...resep nya aku dapat dari blog nya mba Diah Didi's Recipe (maturnuwun nya mba udh share ), nie buat temen2 yang pingin bikin Ayam bacem ini monggo di bwh ini resep nya: 

Bahannya 
 10 potong sayap ayam ( biar gampang nggak perlu motong2, lbh enak pake ayam kampung or pejantan bisa dipotong 8 or 12 dr 1 ekor ayam ) 
200 ml air biasa dan 400 ml air kelapa ( berhub ayam boiler jd aku pake air nya segitu krn ayam cpt empuk ) 
2 lembar daun salam
Lengkuas 1 ibu jari , memarkan
Gula merah 50 gr ( sesuai selera aja manis nya ) 
Bumbu kaldu ayam 1 sdt dan garam secukupnya


Bumbu halus : 

3 siung bawang merah ( uk. Besar ) 
5 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdt ketumbar

Caranya : 
1. Campur ayam dengan bumbu halus, air kelapa dan air lalu ungkep ( masak dengan api kecil dan panci tertutup ) sampai ayam lunak dan bumbu meresap dan air nya kering, setelah matang matikan api lalu angkat. Sisihkan 
2. Buat mentega dicampur dengan kecap, lalu olesi pada ayam lalu panggang di wajan antii lengket ( teflon ) sampai ayam berwarna kecoklatan setelah matang angkat dan ayam siap disantap dengan sambal terasi dan lalap . 




No comments:

Post a Comment