Thursday, August 29, 2013

Resep Lemper Ayam Yummy....

Hari ini lagi pingin banget bikin lemper ayam,kebetulan hari ini tdk ada jadwal pergi2 an jadi punya waktu lumayan buat nguprek di dapur tuk persiapan bikin nie cemilan. Cek dulu bahan2 nya di dapur soalnya kl krng satu bumbu muales bgt harus keluar beli bahan mana udara dingin lg, pas cek ternyata semua bahan lengkap, mulai deh gw uprek2 didapur, ternyata cepat jg bikin nya, nie buat yang pingin bikin ini resep nya: 

Bahannya : 

500 gram beras ketan ( ini bisa beli di Asia Grocery ) ini aku rendam selama 2 jam, kmdn tiriskan setelah direndam selama 1/2 jam 
375 ml santan kental  
1/2 sdt garam
2 sdm gula pasir ( tergantung gula nya kl manis cukup 1 sdm ) 
2 lembar daun pandan
Daun pisang secukupnya

Isi : 

500 gr daging ayam tanpa tulang, rebus setelah matang potong kecil2 ( aku males disuwir) 
2 lembar daun salam
1 batang sereh geprek ( memarkan ) 
4 lembar daun jeruk
100 ml santan kental dan aku campur air 50 ml 

Bumbu yang dihaluskan

5 siung bawang putih
2 butir kemiri disangrai
1 sdt ketumbar sangrai
1/2 sdt merica bulat
1/4 sdt pala bubuk
1/4 sdt jinten bubuk ( boleh di skip kl tdk ada ) 
1/2 sdm gula pasir 
Garam secukup nya 

Cara membuat ketan nya : 

1. Beras ketan setelah direndam dan ditiriskan kukus selama 30 menit
2. Selagi menanak ketan, didihkan santan kental, garam, gula dan daun pandan sampai mendidih di pinggir2 nya lalu matikan api, sisihkan. 
3. Setelah beras ketan 1/2 matang lalu banjur dengan cairan santan yg tadi sdh kita didihkan lalu aduk2 sebentar kmdn tutup dan diamkan selama 15 menit . Setelah santan terserap oleh kentan, kukus kembali kentan selama 30 menit sampai matang, angkat sisihkan. 


Cara membuat Isi 

1. Tumis bumbu halus dengan 3 sdm minyak , aduk sampai wangi kmdn tambahkan daun salam, sereh, dan daun jeruk aduk2 sampai harum. 
2. Setelah bumbu wangi masukkan santan dan air aduk2 sebentar lalu masukkan potongan ayam  kmdn beri garam dan gula aduk rata, masak terus sampai santan mengering setelah itu angkat dan sisihkan.

Cara membuat lemper nya : 

1. Aku pake loyang tadi yg kemudian aku potong2 lalu aku bungkus dengan daun. Caranya ambil loyang loaf or loyang kotak ukuran 18 x 20 olesi dengan minyak goreng secukupnya ( biar nggak lengket ) lalu ambil adonan ketan 1/2 nya kemudian ratakan sesuai dengan ukuran loyang setelah itu beri adonan isi diatas nya dan ratakan jg terakhir tutup dengan  sisa adonan ketan yang ada ratakan jg setelah rata kmdn biarkan selama 10 menit, setelah itu potong 2 sesuai selera saja kmdn potongan lemper bungkus dengan daun. 

2. Cara kedua bisa dengan mengambil sekepal adonan ketan beri 1/2 sdm or 1/2 sdt isian, kepalkan lg tuk menutup lemper ( bentuk nya jd lonjong or bulat ) lalu bugkus dengan daun kmdn semat dgn tusuk gigi. ( spt membuat lontong ) 

3. Cara 1 dan 2 sesudah di bungkus daun, aku kukus lagi slama 20 menit agar lemper bisa tahan lama dan tdk cepat basi. 

Semoga bermanfaat 





No comments:

Post a Comment