Thursday, August 22, 2013

Resep Puding Mozaik

Kemarin ceritanya mau bawa puding ini dalam acara pertemuan dengan salah satu teman tapi ternyata puding ini kurang keras dalam pembentukkan nya jd pas aku potong2 malah berantakan ntah dimana yg salah tapi mungkin dalam pendinginan yang tdk aku mskkan dlm lemari pendingin jd pas dipotong rapuh bgt , rasa puding ini enak mungkin karna dominan susu nya apalagi dibanjur dengan saus santan yang gurih wah Yummy banget deh. Oh iya aku dapat resep ini dari Ordinary Kitchen ( aku senang dengan resep2 bunda nadhifa ) makasih banget nya bunda udah share resep ini, nah buat teman2 yg pingin coba buat mangga ini resep nya ada beberapa bahan yg aku modif ukurannya. 

Bahannya  tuk mozaik nya : 

1/2 bks agar2 swallow warna merah ( boleh pake warna lain sesuai selera saja ) 
1/2 bks agar2 swallow warna hijau 
150 gr gula putih ( ini aku bagi dua, 75 gr tuk agar2 merah, 75 gr lagi tuk agar2 hijau) 
Air 700 ml ( aku bagi dua , 350 ml tuk agar2 merah dan sisanya tuk agar2 hijau )


Caranya : 
1. Campur agar2 merah dengan air, gula , masak sampai mendidih lalu angkat simpan dlm wadah biarkan keras dan dingin. Sisihkan
2. Campur agar2 hijau dengan air, gula, masak sampai menidih lalu angkat kdn simpan dlm wadah biarkan keras dan dingin. Sisihkan 

Bahan tuk Agar2 putih nya : 

1 bks agar2 bening merk swalllow or merk lainnya
550 ml air 
250 ml susu kental manis
Gula putih 50 ml ( aku pake gula spelda dan aku kurangi jd 25 gr takut manis bgt ) 
Vanilli 

Caranya : 
1. Campur susu kental manis dengan air ( 550 ml ) aduk rata . 
2. Kemudian ambil  panci masukkan agar2, gula , vanilli dan campur susu kental yg sdh dicairkan lalu masak sampai mendidih, matikan kompor kmdn angkat . 

Saus santan nya 

2 lembar daun pandan
Vanilli
150  ml santan kental ( aku pake santai produk thai dan ini sdkt cair ) 
300 ml air 
50 gr gula putih
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli
1 sdm maizena yg dicairkan dengan 2 sdm air 

Cara membuat saus nya

1. Rebus gula puiih dengan air, daun pandan sampai mendidih.
2. Setelah mendidih masukkan santan, aduk2 sampai mendidih lalu beri garam dan vanilli
3. Terakhir masukkan cairan mazena masak hingga kental dan meletup2 lalu matikan api , angkat dan biarkan sampai dingin. 


Cara membuat puding mozaik nya : 

1. Ambil agar2 warna merah dan hijau dengan sendok makan ( spt di sinduk bhs nya apa nya ...hihihi) lalu tata dalam cetakan merah, hijau , merah ( sesuai selera aja nya nyusunnya ) kmdn banjur 1/2 cairan agar2 yg putih tadi setelah itu susun lagi adonan agar2 merah dan hijau sampai hbs kmdn siram kembali dengan sisa cairan agar2 yg putih tadi. Lalu biarkan sampai keras kl sdh dingin masukkan dlm lemarii pendingin. Kmdn potong2 simpan dlm mangkok kecil lalu siram dengan saus santan. Wah Yummy deh . Met mencoba. 







No comments:

Post a Comment